Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Velix Wanggai Apresiasi Papua Pegunungan Christmas Week Festival

Penjabat Gubernur Velix Wanggai Apresiasi Papua Pegunungan Christmas Week Festival

Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Dr Velix Vernando Wanggai, SIP, MPA didampingi Sekda Sumule Tumbo, Ketua Panitia Irwanto F Halitopo, Dandim 1702 Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murip, Sekda Tilokara Yosua Noak Douw, dan sejumlah pejabat menabuh tifa saat launching Christmas Week Festival Papua Pegunungan 2023 di Stadion Pendidikan, Distrik Wamena, kota Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Minggu (17/12). Foto: Istimewa

Loading

WAMENA, ODIYAIWUU.com — Papua Pegunungan Christmas Week Festival (PP CWF) tahun 2023 merupakan langkah besar pemerintah daerah dan masyarakat membangun lembaran baru di honai atau rumah baru bernama Provinsi Papua Pegunungan. Festival perdana tersebut juga wujud nyata kemampuan atau kehebatan generasi muda setempat.

Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Dr Velix Vernando Wanggai, SIP, MPA saat meluncurkan (launching) acara Papua Pegunungan Christmas Week Festival tahun 2023, Minggu (17/12) di Stadion Pendidikan, Distrik Wamena mengajak masyarakat dan seluruh pihak, stakeholder mendukung festival tersebut agar berlangusng lancar dan sukses sesuai harapan bersama.

“Saya menyampaikan penghargaan, apresiasi kepada masyarakat dan semua stakeholder mengingat festival ini bukan acara pemerintah namun acara rakyat. Festival ini dari dan untuk kita semua. Pemerintah sebagai wakil negara sekadar memfasilitas,” kata Velix melalui keterangan tertulis yang diterima Odiyaiwuu.com dari Wamena, kota Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, Selasa (19/12).

Dalam kesempatan tersebut, Velix juga memanjatkan doa syukur kepada Tuhan karena berkat rahmat dan kasih-Nya pembukaan launching festival sukses dan berjalan lancar. Sukses festival tersebut juga ditopang pula Event Organizer Niesword Entertaimen yang melibatkan serta berkolaborasi apik dengan seluruh pemuda di Papua Pegunungan.

“Sungguh luar biasa! Para pemuda bekerja keras dan bahu-membahu menjaga keamanan dan kedamaian di Papua Pegunungan juga terlibat bersama menyukseskan festival ini. Selama acara ini kita juga menghadirkan kita punya mama-mama dan bapa-bapa yang selama ini bercocok tanam dan memajukan ekonomi kreatif. Dalam festival ini kita nyatakan bahwa Papua Pegunungan adalah provinsi pertanian atau provinsi sayur-mayur,” ujar Velix.

Ketua Panitia Papua Pegunungan Christmas Week Festival Tahun 2023 Irwanto F Halitopo mengatakan, festival ini merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan di provinsi daerah otonom baru. Festival berlangsung mulai Sabtu-Rabu (16-20/12).

“Papua Pegunungan Christmas Week Festival menjadi ajang pembuktian bahwa kami pemuda dan pemudi Papua Pegunungan juga mampu. Hari ini kami buktikan bahwa kami bisa berkolaborasi dengan semua pihak,” ujar Halitopo.

Menurut Halitopo, Papua Pegunungan Christmas Week Festival merupakan salah satu festival penting dan strategis untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, kerjasama, dan tali asih umat beragama di wilayah Papua Pegunungan.

Selain itu, festival juga menjadi salah satu momentum semua pihak membantu pemerintah menurunkan inflasi dan stunting. Melalui festival ini, panitia juga terlibat langsung menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui kegiatan Safari Natal.

Festival juga menjadi ajang positif mencari dan mengembangkan minat dan bakat generasi muda Papua Pegunungan melalui aneka kegiatan positif seperti lomba olahraga dan menghias pohon Natal.

“Kita juga akan menggelar dialog terkait disain pembangunan Papua Pegunungan selama 20 tahun ke depan hingga acara puncak pada Rabu, 20 Desember 2023 sekaligus ditutup dengan Ibadah Natal yang dihadiri warga dari delapan kabupaten di wilayah Papua Pegunungan,” katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tolikara Dr Yosua Noak Douw, S.Sos, MSi, MA mengaku, pihaknya mengapresiasi gebrakan Penjabat Gubernur Velix Wanggai beserta jajaran Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan menggelar festival tersebut.

Menurut Yosua, Papua Pegunungan Christmas Week Festival ini benar-benar memberi manfaat besar bagi masyarakat Papua Pegunungan. Dalam festival ini kreativitas para pemuda terakomodir melalui panggung hiburan yang luar biasa meriah. Masyarakat dan para pelaku UMKM juga ambil bagian menampilkan aneka seni, tari, memamerkan berbagai produk pertanian, kuliner maupun hasil kerajinan khas lainnya.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Bapa Penjabat Gubernur beserta jajarannya yang sudah memikirkan bagaimana membangun Papua Pegunungan dengan melibatkan masyarakat dan stakeholder agar selangkah lebih maju. Satu hal yang luar biasa dari pernyataan Pak Penjabat Gubernur saat membuka acara festival yaitu berniat membuka akses perdagangan dan kerjasama antar provinsi di tanah Papua,” ujar Yosua, doktor Ilmu Ekonomi lulusan Universitas Cenderawasih.

Dalam kesempatan tersebut, selain Penjabat Gubernur Velix Wanggai hadir juga Sekretaris Daerah Papua Pegunungan Dr Sumule Tumbo, SH, Komandan Kodim 1702 Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murip, dan Asisten 1 Setda Papua Pegunungan Drs Wasuok Siep.

Selain itu, juga Kapolsek Wamena AKP Najamuddin, S.Sos, SH, Danki Yonif 756/WMS Lettu Inf Aulian Robby Putra Utama, Sekda Tolikara Yosua Noak Douw, dan sejumlah pejabat provinsi maupun kabupaten di Papua Pegunungan. (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :