Bupati Johny Kamuru Serahkan Piagam kepada KPPN Sorong

Bupati Johny Kamuru Serahkan Piagam kepada KPPN Sorong

Wakil Bupati Sorong, Provinsi Papua Barat Suka Harjono mewakili Bupati Johny Kamuru menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sorong Paulina Latupeirissa di Ruang Pola, kantor Pemkab Sorong, Kelurahan Klamasen, Distrik Mariat, Rabu (23/8). Foto: Eldian Suebu/Odiyaiwuu.com

Loading

AIMAS, ODIYAIWUU.com – Bupati Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Johny Kamuru, Senin (23/8) menyerahkan piagam penghargaan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sorong.

Piagam penghargaan yang diserahkan Wakil Bupati Suka Harjono tersebut dilakukan sebagai apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soron0g atas pelayanan terbaik KPPN Sorong terkait penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa tahun 2021.

Wakil Bupati Suka Harjono menyampaikan terimakasih kepada pimpinan KPPN Sorong sekaligus memohon maaf karena Bupati tidak bisa hadir secara langsung menyerahkan penghargaan piagam kepada pihak KPPN Sorong. Pasalnya, Bupati tengah menghadiri kegiatan yang tidak bisa diwakilkan.

“Bapak Bupati menyampaikan, apa yang selama ini kita dengar dari pemerintah pusat menyangkut DAK, sudah disalurkan sesuai target. Dengan demikian keberhasilan dalam penyerapan dana pun bisa diimplementasikan dan dipertanggung jawabkan sesuai dengan aturan,” ujar Wakil Bupati Suka Harjono saat berlangsung prosesi penyerahan di Ruang Pola, kantor Pemkab Sorong, Kelurahan Klamasen, Distrik Mariat, Rabu (23/8).

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada KPPN Sorong yang selama perjalanan waktu pemanfaatan dana DAK fisik maupun non fisik dana desa bisa berjalan dengangan baik lancar, sesuai dengan yang diharapkan. Pada akhirnya, rakyat merasakan manfaat dana DAK bagi kemauan warga dan daerah.

“Saya sampaikan kepada pimpinan OPD, bagaimanapun situasi pandemi Covid-19, APBD kita memperihatinkan. Oleh karena itu, dengan dana DAK sedikit banyak membantu kelancaran dan perkembangan keuangan daerah, terutama berkenaan dengan fisik dan non fisik. Untuk itu saya harapkan kepada pimpinan OPD harus mengikuti aturan yang ada,” katanya.

Menurutnya, beberapa bulan lalu berlangsung sosialisasi dan pelatihan yang didampingi pihak KPPN Sorong. Oleh karena itu, penyerapan DAK bisa berjalan lancar berkat komitmen dan bantuan serta arahan KPPN Sorong sehingga dana DAK dimanfaatkan secara optimal dan berdayaguna bagi pembangunan.

Kepala KPPN Sorong Paulina Latupeirissa mengemukakan, sejak 2017 mekanisme penyaluran DAK sudah berubah. Semula penyaluran DAK melalui KPPN Jakarta.Namun, setelah 2017 sudah beralih ke seluruh KPPN di daerah. Hal ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan Kementrian Keuangan kepada Pemerintah Daerah.

“Kita harapkan dapat meningkatkan pemantauan dan evaluasi serta analisis kinerja pelaksanaan anggaran pusat dan daerah. Di masa pandemi ini penyaluran dana DAK fisik menjadi semakin penting. Semua ini untuk mendongkrak perekonomian yang dimulai dari daerah dan dapat menciptakan tenaga kerja baru dan mendorong pertumbuhan perekonomian di daerah,” ujar Paulina Latupeirissa.

Ia mengemukakan, kebijakan dana desa tahun 2021 merupakan refomulasi pengalokasian dan penyaluran dana, dana desa serta mendukung pemulihan perekonomian desa dan mendukung pengembangan serta prioritas, sebagai bentuk dukungan pendanaan Covid-19 tahun 2021, termasuk dukungan pemberlakuan PPKM Mikro di desa.

Prosesi penyerahan penghargaan dihadiri sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan asisten di lingkup Pemkab Sorong. “Kami mengucapakanterimaksih atas kerjasama sinergi yang baik antara KKPN dan Pemda Kabupaten Sorong,” kata Paulina Latupeirissa. (Eldian Suebu/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :