Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Velix Wanggai Apresiasi Seluruh Elemen yang Telah Melayani Masyarakat di Bidang Pendidikan - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan

Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Velix Wanggai Apresiasi Seluruh Elemen yang Telah Melayani Masyarakat di Bidang Pendidikan

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Dr Velix Vernando Wanggai, SIP, MIP mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024 dan mengapresiasi berbagai elemen yang telah melayani masyarakat di bidang pendidikan saat melakukan kunjungan kerja di Elelim, kota Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (2//5). Foto: Dok. Velix Wanggai

Loading

ELELIM, ODIYAIWUU.com — Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 yang dirayakan 2 Mei menjadi momentum para pemimpin daerah menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada seluruh elemen yang setia bekerja keras melayani masyarakat di bidang pendidikan.

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Dr Velix Vernando Wanggai, SIP, MPA menyampaikan ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional kepada jajaran pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota serta masyarakat luas pada momentum berharga peringatan Hardiknas tahun 2024.

“Yang terhormat bapak, ibu, dan saudara-saudaraku. Dari Elelim, Yalimo, kami mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024,” ujar Velix Wanggai melalui cuitannya di grup The Spirit of Papua dan dikutip Odiyaiwuu.com di Jakarta, Kamis (2/5).

Dalam cuitannya tersebut, Velix, alumni SMA Negeri 2 Jayapura tahun 1991, tampak berada di atas panggung dalam sebuah kunjungan resminya di Elelim, kota Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan. Melalui foto yang diunggah, ia tengah bersama tiga pelajar dan sembari memperbaiki ikat pinggang seorang siswa.

“Di kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada para guru, staf perangkat sekolah, pimpinan lembaga keagamaan dan sosial serta para pegiat pendidikan yang telah melayani masyarakat dalam dunia pendidikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati bapak, ibu, dan saudara-saudaraku,” kata Velix, putra asli Papua dan doktor jebolan Universitas Padjadjaran, Bandung. 

Media ini sebelumnya memberitakan, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat pada peringatan Hardiknas tahun 2024, yang diperingati tanggal 2 Mei setiap tahun. Pada peringatan Hardiknas tahun ini, Presiden Jokowi menyebut pendidikan terus berkembang dan adaptif.

“Dari zaman Ki Hajar Dewantara hingga era digital saat ini, pendidikan terus berkembang dan adaptif. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semangat memajukan pendidikan terus berkobar dalam setiap inisiatif dan teknologi yang kita kembangkan,” ujar Presiden Joko Widodo melalui akun Twitter-nya, @jokowi dan dikutip Odiyaiwuu.com di Jakarta, Kamis (2/5). 

Sedangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pesan kepada seluruh pihak, stakeholder di dunia pendidikan agar dapat melanjutkan semangat gerakan Merdeka Belajar.  

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” ujar Nadiem Makarim saat upacara peringatan Hardiknas 2024 mengutip antaranews.com di Jakarta, Kamis (2/5).

Nadiem, sarjana jebolan Hubungan Internasional Brown University, Amerika Serikat,  mengatakan Merdeka Belajar yang merupakan gerakan mentransformasi pendidikan Indonesia telah dilakukan selama lima tahun terakhir dan telah melalui berbagai perjuangan yang sangat besar.  

Master of Business Administration lulusan Harvard Business School, Amerika Serikat, tak memungkiri pada awal gerakan ini (Merdeka Belajar) diluncurkan membuat sebagian orang tidak nyaman karena mengubah sistem yang begitu besar dan menggeser perspektif tentang proses pembelajaran.  

Pihaknya menegaskan, perubahan terhadap sistem pendidikan tanah Air tetap harus terjadi karena rasa tidak nyaman merupakan gejolak yang biasa menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.  

Kini, ujar Nadiem, wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sudah mulai terlihat berkat gerakan Merdeka Belajar karena banyak anak Indonesia yang lebih berani bermimpi serta guru yang berani mengeksplorasi hal-hal baru.  

“Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar tetapi tugas kita belum selesai,” ujar Nadiem.

Meski demikian, mantan bos Gojek ini menegaskan semua yang sudah berjalan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan sehingga mampu menciptakan perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang dicita-citakan.

Di akhir masa pengabdian Nadiem sebagai menteri ini pun ia menyampaikan terima kasih terhadap seluruh pihak yang telah sama-sama berjuang meneruskan estafet gerakan Merdeka Belajar.

“Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” kata Nadiem lebih lanjut. (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :