Putra Asli Tanah Papua Letkol Inf Justus Bernard Mara, S.Sos, MIP Jabat Komandan Kodim 1716/Tolikara

Putra Asli Tanah Papua Letkol Inf Justus Bernard Mara, S.Sos, MIP Jabat Dandim 1716/Tolikara

Dandim 1716/Tolikara Justus Mara (ketiga dari kiri) dan Ny Devy Justus Mara (keempat dari kiri) berfoto bersama Danrem 172/PWY Dedi Hardono dan Ny Dedi Hardono (ketiga dan keempat dari kiri) usai prosesi serah terima jabatan Dandim Tolikara dari pejabat lama Marolop Hutapea kepada pejabat baru Justus Mara di Aula Markas Korem Praja Wira Yakthi, Wamena, Papua Pegunungan, Rabu (17/4). Foto: Istimewa

Loading

KARUBAGA, ODIYAIWUU.com — Kabar gembira bagi masyarakat tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua Pegunungan. Putra asli Papua Letkol Inf Justus Bernard Mara, S.Sos, MIP didapuk sebagai Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1716/Tolikara, Komando Resort Militer (Korem) 172/Praja Wira Yakthi atau Korem 172/PWY, Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih.

Prosesi serah terima jabatan Dandim 1716/Tolikara dari pejabat lama Letkol Inf Marolop Edison Bala Hutapea, M.Han kepada pejabat baru Justus Mara dipimpin langsung Komandan Korem Praja Wira Yakthi Brigjen TNI Dedi Hardono, SIP bertempat di Aula Markas Korem Praja Wira Yakthi, Wamena, kota Provinsi Papua Pegunungan, Rabu (17/4).

“Kepada pejabat lama Letkol Inf Marolop EB Hutapea, saya ucapkan terima kasih atas dedikasinya selama memimpin satuan Kodim 1716/Tolikara. Kepada pejabat baru Letkol Justus Mara saya minta agar meneruskan program satuan yang telah dilaksanakan oleh pejabat lama,” ujar Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, SIP melalui keterangan tertulis Pasi Intel Kodim Tolikara Eko Santoso kepada Odiyaiwuu.com dari Tolikara, Papua Pegunungan, Kamis (18/4).  

Dedi Hardono juga mengingatkan Dandim Tolikara yang baru agar selalu melakukan inovasi, menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah, dan satuan TNI-Polri di wilayah Kabupaten Tolikara. Rotasi dan pergantian kepemimpinan komandan satuan, kata Dedi, merupakan bagian dari tradisi dalam tubuh institusi TNI Angkatan Darat, tak terkecuali pergantian pejabat Dandim Tolikara.

“Dengan demikian, ke depan satuan Kodim 1716/Tolikara semakin baik dalam mengemban tugas yang diberikan oleh negara dalam menjaga stabilitas keamanan, membantu pemerintah daerah dan melayani masyarakat di wilayah binaan Kodim Tolikara,” kata Dedi lebih lanjut. 

Usai dilantik, Justus didampingi Ketua Persit KCK Cab XIII Ny Devy Justus Mara menyampaikan doa dan ucapan syukur kepada Tuhan atas amanat dan tanggung jawab baru yang akan diemban di Kodim Tolikara. 

“Sebagai pejabat Dandim 1716/Tolikara saya akan meneruskan program pejabat lama yang sudah berjalan baik dan akan memperbaiki berbagai program yang belum dituntaskan,” kata Justus. 

Sedangkan Hutapea beserta keluarga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Danrem Praja Wira Yakthi Dedi Hardono serta seluruh keluarga besar Kodim Tolikara dalam pengabdian sebagai pejabat Dandim Tolikara sehingga tugas dan pengabdiannya berjalan lancar dan aman.

“Adapun kendala yang dihadapi, kita jadikan semangat untuk lebih baik lagi ke depan. Kami sekeluarga mohon pamit untuk melanjutkan tugas di satuan baru di Markas Besar Angkatan Darat,” kata Hutapea. 

Letkol Inf Justus Bernard Mara, S.Sos, MIP pernah menjadi anggota sebelum akhirnya pada pekan ketiga Desember 2021, ia didapuk sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 753/Arga Vira Tama (Danyonif RK 753/AVT). 

Batalyon Raider Khusus alias Walet Hitam TNI ini merupakan salah satu fungsi kontrol komandan satuan kepada para prajurit. Melalui interaksi, komandan satuan mengetahui kendala maupun masalah yang dihadapi oleh para ksatria Walet Hitam dalam melaksanakan tugas. 

Justus menggantikan Letkol Inf Denny Salurerung, yang mendapat tugas baru sebagai Komandan Komando Distrik Militer 1714/Puncak Jaya. Prosesi serah terima jabatan Danyonif Raider Khusus 753/Arga Vira Tama dipimpin langsung Komandan Korem 173/Praja Vira Braja (PBV) Brigjen TNI Taufan Gestoro di Markas Korem 173/PVB , Biak, Papua, Sabtu (11/12 2021). (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

 

Tinggalkan Komentar Anda :