Ayo! Dukung Virjinia Angela, Putri Kuli Bangunan Wakil Papua Pegunungan Pada Malam Puncak Miss Indonesia 2024!

Ayo! Dukung Virjinia, Putri Kuli Bangunan Wakil Papua Pegunungan Pada Malam Puncak Miss Indonesia 2024!

Virjinia Martina Angela, finalis Miss Indonesia 2024 dari Provinsi Papua Pegunungan yang akan berkompetisi bersama 38 peserta dalam Malam Puncak Miss Indonesia 2024 di Studio MNC, Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (29/5). Foto: Istimewa

Loading

JAKARTA, ODIYAIWUU.com — Virjinia Martina Angela, wakil Provinsi Papua Pegunungan, Rabu (29/5) mulai pukul 15.00 WIB akan menjajal kemampuannya dalam ajang pemilihan Miss Indonesia 2024 pada Malam Puncak Miss Indonesia 2024 bertempat di Studio MNC, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Menurut Ketua Yayasan Miss Indonesia (YMI) Liliana Tanoesoedibjo, malam puncak Pemilihan Miss Indonesia 2024 diikuti 38 finalis dari seluruh provinsi di Indonesia, mulai dari Nanggroe Aceh Darussalam hingga tanah Papua. 

“Miss Indonesia 2024 membawa tambahan provinsi baru yakni Papua Barat Daya. Jadi total finalis Miss Indonesia 2024 menjadi 38 peserta. Puncak penobatan kompetisi Miss Indonesia 2024 akan disiarkan RCTI dari studio RCTI, Kebon Jeruk,” ujar Liliana Tanoesoedibjo.

Malam penobatan Miss Indonesia 2024 semakin spesial dengan hadirnya Miss World ke-71 Krystyna Pyszkova dari Republik Ceko dan Miss Indonesia 2022, Audrey Vanessa yang akan menyematkan crown kepada Miss Indonesia 2024. 

Tampilnya Martina Angela dalam ajang Miss Indonesia 2024 adalah sejarah baru bagi Papua Pegunungan, provinsi daerah otonom baru (DOB) di tanah Papua. Wilayah provinsi paling timur Indonesia menyimpan kekayaan alam dan budaya luar biasa mensejahterakan masyarakatnya.

Karena itu, melalui ajang Miss Indonesia 2024 Virginia ingin membuktikan bahwa meski tanah Papua, khususnya Papua Pegunungan masih mengalami kekurangan di semua sisi namun kerja keras dan kerja cerdas dilandasi doa untuk meraih prestasi dapat diraih generasi muda. Generasi muda juga dapat membantu pemerintah dengan cara berjuang meraih prestasi.

“Kami memohon doa dan dukungan seluruh masyarakat tanah Papua, khususnya masyarakat Papua Pegunungan mendukung untuk Virjinia. Semoga pada Malam Puncak Miss Indonesia 2024 meraih hasil terbaik,” ujar Jakobus Jagong, kerabat Virjinia kepada Odiyaiwuu.com di Jakarta, Selasa (28/5).

Virjinia Martina Angela lahir di Keerom, 19 Januari 2005. Ia lahir dari pasangan suami-isteri: Yohanes Paskalis dan Theresia Ningsih. Ayahnya seorang kuli bangunan di Keerom dan sang bunda guru Agama Katolik di SMPN 1 Arso, kota Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Virjinia kuliah pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas  Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Gadis manis berdarah Maumere, Flores dan Jawa ini tergolong berprestasi sejak sekolah dasar hingga menengah di tanah Papua. Ia juga aktivis gereja. 

Saat masuk SMA Katolik Villanova Manokwari, Virjinia meraih Juara 1 Lomba Membaca Puisi Tingkat Kabupaten; Juara 1 Lomba Sumpah Pemuda Tingkat Kabupaten Perwakilan Kabupaten Keerom saat Kegiatan Legio Maria Seluruh Indonesia di Wisma Duta Wacana Yogyakarta. Ia juga pernah meraih Penghargaan Lomba Biofotografi Universitas Sanata Dharma. 

Virjinia aktif dalam penggalangan dana untuk korban bencana alam, aktif dalam kegiatan kemanusaiaan di Gereja Paroki SantoWilibrodus Arso 2, dan peserta Temu Serikat Kepausan Anak-anak dan Remaja Misioner (Sekami) Keuskupan Jayapura. Kemudian aktif dalam kegiatan Pramuka dan OSIS. Di kampusnya, ia aktif di Ikatan Keluarga Mahasiswa Katolik (IKMK) UNY. 

“Motivasi saya dalam mengikuti Miss Indonesia adalah untuk memotivasi perempuan Indonesia terlebih khusus perempuan di Indonesia timur untuk tetap maju dan jangan malu untuk mengejar keterlambatan. Saya juga ingin membuktikan kepada orang-orang bahwa saya mampu dan saya bisa untuk tetap bangkit dan maju. Saya berniat menginspirasi sebanyak mungkin generasi muda tanah Papua untuk terus berprestasi,” ujar Virjinia. (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :