Pemerintah Kabupaten Paniai Gelar Bimtek Pendataan IDM Berbasis SDGs Desa 2021 - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan
banner 728x250

Pemerintah Kabupaten Paniai Gelar Bimtek Pendataan IDM Berbasis SDGs Desa 2021

  • Bagikan
Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Kabupaten Paniai Tahun 2021. Bimtek berlangsung mulai Kamis hingga Sabtu (14-16/10) dan diikuti 2.160 peserta yang merupakan tenaga administrasi dan relawan dari 216 desa dan 24 distrik di wilayah Paniai, Papua. Foto: Andrian Yeimo/Odiyaiwuu.com

 248 Total Pengunjung,  4 Pengunjung Hari Ini

ENAROTALI, ODIYAIWUU.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tahun 2021. Bimtek yang berlangsung mulai Kamis hingga Sabtu (14-16/10) diikuti 2.160 peserta. Para peserta merupakan tenaga administrasi dan relawan dari 216 desa dan 24 distrik di wilayah Paniai, Provinsi Papua.

“Saya meminta para peserta mengikuti kegiatan ini sebaik mungkin agar memperoleh pengetahuan baru sehingga menerapkan saat bekerja di desa atau kampung masing-masing. Bimtek ini tak memakan banyak waktu atau hanya tiga hari sehingga saya minta peserta mengikuti dengan tekun sehingga memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru dari pemateri,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Paniai Yonatan Mote saat memberikan pengarahan kepada para peserta di Aula Kantor Bupati Paniai, Kamis (14/10).

Yonatan Mote meminta agar pemerintah desa dan seluruh komponen di kampung khususnya para sarjana dilibatkan dan didayagunakan ilmu pengetahuan dan ketrampilannya agar mereka juga terlibat aktif dan mendinamisasi serta mengawal berbagai kebijakan pembangunan di setiap kampung.

Ketua Panitia Bimtek Sebastian Pigome melaporkan, Bimtek Pendataan Indeks Desa Membangun Berbasis Sustainable Development Goals Desa Tahun 2021 diikuti sebanyak 2.160 peserta yang terdiri dari para relawan dan kelompok kerja (Pokja) dari 216 kampung atau desa dan 24 distrik/kecamatan. Relawan dan ketua Pokja peserta dengan kempoknya yang dibentuk di setiap desa sudah mengantongi surat kerja (SK) yang diterbitkan oleh kepala kampung atau kepala desa masing-masing.

“Kami juga meminta agar para peserta, terutama relawan dan maupun Ketua Pokja Desa untuk mengikuti dengan sebaik mungkin agar memiliki pengetahuan dan pengalaman baru. Saya juga mengharapkan agar para peserta, khususnya dua tenaga adminisntrasi masing-masing desa mengikuti sungguh-sungguh kegiatan ini,” ujar Sebastian Pigome, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Paniai.

Pigome menambahkan, Bimtek Pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa 2021 mengacu pada Pedoman Peraturan Menteri Desa dan Daerah Tertinggal (Permendes) PDTT Nomor 21 tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Selain Mote dan Pigome yang tampil membawakan materi Bimtek, tampil juga sejumlah pemateri lain dengan keahliannya masing-masing. Beberapa topik materi yang akan dibawakan dalam Bimtek tersebut atara lain Pendataan SDGs dan Praktek Penyisihan Progam Aplikasi SDGs, Praktek Penyisihan Progam Aplikasi SDGs, dan lain-lain. (Andrian Yeimo/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :

banner 336x280
  • Bagikan