Jumlah Kasus Covid-19 di Mimika Menurun Menjelang PON XX Papua
banner 728x250

Jumlah Kasus Covid-19 di Mimika Menurun Menjelang PON XX Papua

  • Bagikan
Wakil Bupati Kabupaten Mimika Johanes Rettob. Sumber foto: Repro liputanpapua.id

 254 Total Pengunjung,  2 Pengunjung Hari Ini

TIMIKA, ODIYAIWUU.com – Wakil Bupati Kabupaten Mimika Johanes Rettob mengemukakan, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Klaster Mimika yang akan berlangsung Oktober 2021 mendatang.

“Data terakhir yang saya terima, menjelang pelaksanaan PON XX Papua jumlah kasus Covid-19 di Mimika sebanyak 130 kasus. Jika angka ini terus menurun hingga di bawah 1,8 persen maka status PPKM turun ke level II. Namun demikian, kami mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan dan harus selalu waspada,” ujar John Rettob kepada Odiyaiwuu.com di Timika, kota Kabupaten Mimika, Kamis (16/9).

Wakil Bupati John Rettob mengajak masyarakat Mimika melakukan vaksinasi guna mengurangi jumlah kasus Covid-19 di wilayah itu. Warga juga diimbau dapat melakukan vaksinasi secara kolektif dengan menghubungi Dinas Kesehatan Mimika. Dengan demikian, kondisi kesehatan kian terjaga dan warga leluasa menyaksikan helatan PON XX Klaster Mimika dengan gembira.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra mengatakan, penurunan kasus Covid-19 di Mimika juga diikuti dengan penurunan case fatality rate yang saat ini berada di angka 0,01 persen. Hingga saat ini pasien yang diisolasi tercatat sebanyak 120 orang.

“Saat ini di Klinik Kuala Kencana tidak ada pasien yang dirawat. Sedangkan di Rumah Sakit Tembagapura masih ada dua orang namun yang diisolasi terpusat tinggal satu orang. Kemudian di RSUD Mimika pasien yang dirawat masih ada tujuh orang. Kemudian di Rumah Sakit Mitra Masyarakat tersisa satu orang. Secara keseluruhan jumlah kasus Covid-19 di Mimika turun dari 79 persen pada Agustus lalu menjadi 7 persen per Rabu 15/9,” ujar Reynold Ubra kepada Odiyaiwuu.com di Timika, Kamis (16/9).

Komandan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Papua Kompol Ramadhona menyampaikan, guna memberi kesadaran pentingnya vaksin menjelang pelaksanaan PON XX di Mimika, pihak Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Papua juga terlibat aktif dalam kegiatan vaksinasi bagi warga Mimika.

“Personil Brimob Timika bersama Tim Kesehatan Polres Mimika dan Tim Kesehatan Nemangkawi menggelar vaksin keliling. Kami menggunakan satu unit mobil jenis hiace dan ambulance. Kami melakukan vaksin bagi warga di sekitar wilayah Hasanudin, Irigasi, Pasar Sentral dan warga yang melintas yang belum vaksin. Kegiatan ini kami mulai sejak Minggu 12 September 2021,” kata Kompol Ramadhona kepada Odiyaiwuu.com di Timika, Kamis (16/9).

Kegiatan vaksinasi ini mendapat tanggapan positif warga mengingat banyak dari mereka dengan sadar melakukan vaksin. Warga datang dari berbagai profesi seperti pedagang, tukang ojek dan karyawan toko. Mereka belum sempat datang ke gerai-gerai vaksin karena berbagai alasan seperti waktu dan kesibukan kerja.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang melaksanakan vaksinasi. Melalui ambulance keliling yang kami sediakan bagi warga yang melakukan vaksin secara gratis. Kami harapkan vaksin membantu mengurangi penyebaran Covid-19 di Mimika. Kita semua tahu, tidak lama lagi Timika berlagsung PON XX. Timika harus siap dari segala aspek, termasuk salah satunya kesehatan,” katanya. (Herman Dessa/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :

banner 336x280
  • Bagikan