Dana Kampung di Kabupaten Dogiyai Mulai Dicairkan - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan

Dana Kampung di Kabupaten Dogiyai Mulai Dicairkan

Para kepala kampung (Kakam) di Kabupaten Dogiyai didampingi Kepala Distrik Sukikai Selatan, Kristianus Tagi mulai melakukan pencairan dana desa secara bergilir di Bank Papua Cabang Mowanemani, Dogiyai, Selasa (31/8). Foto: Emanuel You/Odiyaiwuu.com

Loading

MOWANEMANI, ODIYAIWUU.com – Pascapengambilan sumpah dan pelantikan, para kepala kampung (Kakam) dari 76 kampung di seluruh wilayah Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua mulai Selasa (31/8) mulai mencairkan dana kampung untuk membiayai berbagai program di masing-masing kampung.

“Sejak (30/8) kemarin, kami mendampingi para kakam bersama bendahara masing-masing kampung. Mereka membawa serta seluruh dokumen yang disyaratkan agar proses pencairan dana kampung berjalan lancar,” ujar Kepala Distrik Sukikai Selatan, Kristianus Tagi kepada Odiyaiwuu.com di Mowanemani, kota Kabupaten Dogiyai, Selasa (31/8).

Menurutnya, pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Dogiyai meminta agar dokumen seperti surat perintah membayar atau SPM dana desa, rencana anggaran belanja alokasi dana desa (RAB ADD) dibawa serta untuk memudahkan proses pencairan di Bank Papua Cabang Mowanemani.

Kepala Dinas PMK Dogiyai Damiana Tekege mengatakan, salah satu langkah sigap Pemerintah Kabupaten Dogiyai adaah melakukan proses pencairan dana desa agar para kepala kampung terlantik segera bekerja membangun dengan kemampuan keuangan masing-masing kampung lebih sejahtera, aman, dan damai.

“Pascapelantikan 73 kepala kampung pada 28 Juli lalu, Pak Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai sudah berkomitmen agar seluruh kampung segera dibenahi dengan sumber daya manusia dan sumber dana yang dimiliki demi melayani masyarakat. Sebagai dinas teknis, kami juga bekerja keras menjemput bola agar para kepala kampung bersama masyarakat segera membangun di berbagai aspek dengan dana yang tersedia. Kami sadar, upaya memajukan daerah tentu dimulai dari bagaimana kerja keras dinas teknis seperti PKM,” ujar Damiana Tekege kepada Odiyaiwuu.com saat dihubungi di Mowanemani, Dogiyai, Kamis (27/8).

Kristianus Tagi menambahkan, proses pencairan dana kampung pascapelantikan serentak kepala kampung tergolong cepat. Hanya berselang sebulan, para kepala mulai melakukan pencairan dana tersebut secara bergilir. Proses pencairan berjalan lancar berkat kesigapan jajaran Dinas PMK Dogiyai memberikan arahan dan menyerahkan berbagai dokumen yang disyaratkan kepada Bank Papua Cabang Mowanemani agar para kepala kampung segera melakukan pencairan dana kampung.

“Kepala DPMK Dogiyai Ibu Damiana Tekege bersama dan Sekretaris DPMK Pak Yeron Agapa bersama jajarannya memberikan arahan dan menyerahkan dokumen SPM DD, ADD, dan RAB DD tahap pertama dan RAB ADD satu tahun anggaran 2021 kepada para kepala kampung baru tersebut. Pada Senin (30/8) seluruh dokumen sudah siap,” katanya.

Menurut Kristianus Tagi mengatakan, pihaknya bersama rekan-rekan kepala distrik lainya dari wilayah adat Mapia dan Piyaiye turut mendampingi para kepala kampung dalam proses pencairan dana kampung di Bank Papua Cabang Mowanemani.

“Usai mendapat arahan dan menerima penyerahan dokumen-dokumen tersebut dari jajaran DPMK Dogiyai, para kakam bersama bendahara masing-masing dari Distrik Mapia, Distrik Mapia Tengah, Distrik Mapia Barat, Distrik Piyaiye dan Distrik Sukikai Selatan langsung melakukan pencairan untuk Tahun Anggaran 2021,” lanjutnya.

Para kepala kampung yang menerima dana pertama berasal dari kampung-kampung di wilayah adat Mapia dan Piyaiye. Pada termin berikut, akan disusul kampung-kampung yang ada di Lembah Kamuu. “Kampung-kampung yang ada di beberapa distrik dalam wilayah Mapia dan Piyaiye sudah menerima dana pada Senin (30/8),” lanjut Kristianus Tagi.

Sedangkan kampung-kampung yang ada di beberapa distrik dalam wilayah lembah Kamuu yakni, Distrik Kamuu, Dogiyai, Kamuu Utara, Kamuu Timur dan Kamuu Selatan, pelayanan pencairan oleh masing-masing kepala kampung dan bendahara Kampung pada, Selasa (31/8) dini hari.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati-Wakil Bupati Dogiyai, pimpinan dan staf Dinas PMPK Dogiyai dan pimpinan serta karyawan dan karyawati Bank Papua Mowanemani atas kerja keras dan kerja cerdas mereka semua sehingga proses pencairan berjalan lancar,” katanya. (Emanuel You/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :