Bupati Yakobus Dumupa: Kopi Jadi Komoditas Unggulan Dogiyai - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan
banner 728x250

Bupati Yakobus Dumupa: Kopi Jadi Komoditas Unggulan Dogiyai

  • Bagikan
Bupati Kabupaten Dogiyai Yakobus Dumupa saat melakukan kunjungan ke kebun kopi induk milik Pemerintah Kabupaten Dogiyai di Kampung Kigamani, Distrik Dogiyai, Jumat (7/5). Foto: Yanuarius Goo/ODIYAIWUU.com

 1,681 Total Pengunjung,  4 Pengunjung Hari Ini

MOWANEMANI, ODIYAIWUU.com – Bupati Kabupaten Dogiyai, Yakobus Dumupa mengatakan, kopi merupakan komoditas unggulan Kabupaten Dogiyai, yang berpotensi mendatangkan keuntungan ekonomi yang cukup besar di masa depan.

Bupati Dumupa menyampaikan hal tersebut saat melakukan kunjungan ke kebun kopi induk milik Pemerintah Kabupaten Dogiyai di Kampung Kigamani, Distrik Dogiyai, Jumat (7/5).

“Saya sudah menetapkan kopi sebagai salah satu komoditas unggulan Kabupaten Dogiyai. Di tengah berbagai keterbatasan, sudah tiga tahun kami sudah bekerja maksimal untuk mengembangkan kopi. Saya yakin kopi akan mendatangkan keuntungan bagi Dogiyai di masa depan,” ujar Bupati Yakobus Dumupa kepada Odiyaiwuu.com di Kigamani, Distrik Dogiyai, Jumat (7/5).

Alumni Magister Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta ini menguraikan berbagai upaya yang telah dilakukannya untuk mengembangkan kopi di Kabupaten Dogiyai. Diantaranya, katanya, pembukaan lahan kebun kopi setiap tahun, pelatihan para petani, pengadaan mesin pengolahan kopi, dan memfasilitasi pendistribusian kopi.

Bekas anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) ini juga telah memperjungkan pengembangan kopi di Kabupaten Dogiyai sebagai komoditas unggulan. Komoditas unggulan daerah ini, jelas Dumupa, ke depan akan dibiayai dengan dana Anggaran Pendapan Belanja Negara (APBN) melalui kegiatan Quick Wins untuk Papua. “Kegiatan Quick Wins Papua akan mulai diluncurkan mulai tahun ini sampai tahun 2024,” jelasnya.

Dalam kunjungan itu, Bupati Dogiyai juga berbincang-bincang dengan para pekerja di kebun kopi yang sedang bekerja melakukan persemaian bibit. Di hadapan para pekerja, Bupati berjanji akan memberikan tambahan honor kerja. “Honor ini sekadar memacu mereka agar tetap semangat dalam bekerja. Tak seberapa namun honor itu bisa membantu ekonomi keluarga para pekerja,” kata Dumupa. (Yanuarius Goo/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :

banner 336x280
  • Bagikan