Apel Hari Bhayangkara ke-78 di Paniai, Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri: Sinergitas Memungkinkan Polri Tunaikan Pengabdiannya - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan
DAERAH  

Apel Hari Bhayangkara ke-78 di Paniai, Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri: Sinergitas Memungkinkan Polri Tunaikan Pengabdiannya

Kepolisian Resor Paniai AKBP Abdus Syukur Felani, SIK saat memimpin upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 di Lapangan Apel Polres Paniai, Jalan Bhayangkara, Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, Senin (1/7). Foto: Istimewa

Loading

ENAROTALI, ODIYAIWUU.com — Kepolisian Resor Paniai AKBP Abdus Syukur Felani, SIK, Senin (1/7) pukul 09.32 memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 di Lapangan Apel Polres Paniai, Jalan Bhayangkara, Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah.

Upacara peringatan Hari Bhayangkara bertema Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas diikuti sekitar 200 peserta. Mereka berasal dari pejabat di lingkungan TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai, KPU, Bawaslu, dan para tokoh setempat.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Paniai Abdus Syukur Felani mengajak hadirin memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Pengasih karena atas kebaikan dan kemurahan-Nya para peserta boleh berkumpul dalam keadaan sehat walafiat. 

“Sebelum kita memulai acara ini, saya mengajak kita semua untuk menundukkan kepala dan Berdoa kepada personel Polri yang telah gugur dalam menjalankan tugas negara. Semoga amal ibadah mereka diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Amin,” ujar Abdus Syukur mengutip amanat tertulis Kapolda Fakhiri melalui keterangan tertulis yang diterima Odiyaiwuu.com dari Enarotali, Paniai, Papua Tengah, Senin (1/7). 

Kapolda Fakhiri juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada para peserta dan tamu undangan yang berkenan hadir mengikuti upacara peringatan Hari Bhayangkara di Mapolres Paniai. Fakhiri juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga apel dapat terselenggara. 

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, TNI, para tokoh masyarakat dan adat, mitra kerja, organisasi masyarakat, dan seluruh elemen. Dukungan ini memungkinkan Polri untuk terus melaksanakan tugas dan pengabdian terbaiknya,” kata Abdus Syukur merujuk amanat tertulis Kapolda Papua.

Pihaknya juga tak lupa mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh personel dan keluarga besar Polri Polda Papua atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan yang telah dilakukan bagi Polda Papua. 

Abdus Syukur menambahkan, pada 2024 Polri genap berumur 78 tahun. Rentang itu tentu bukan perjalanan waktu yang singkat bagi Polri. Jika dikaitkan dengan usia manusia, Polri sudah tua, sepu), dan sudah sangat dewasa dalam bersikap. Namun, umur bukanlah penghalang untuk terus melakukan tugas pokok Polri melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, dan tugas sebagai penegak hukum. 

“Tantangan Polri ke depan semakin berat, tidak ringan. Masalah kamtibmas, penanganan berbagai isu harus dikawal cepat. Begitu juga Program Prioritas Nasional harus dikawal serius, kualitas pelayanan harus ditingkatkan, kejahatan teknologi canggih harus diantisipasi,” kata Abdus Syukur. 

Semua itu, kata Abdus Syukur butuh kesigapan dan kecepatan, butuh penguasaan teknologi dan inovasi, Namun paling utama Polri membutuhkan komunikasi dan dukungan publik. Polri, lanjutnya, tentu menyadari pelaksanaan tugas belumlah maksimal dan masih banyak kekurangan yang belum dilaksanakan.

“Oleh karena itu saya meminta maaf kepada seluruh masyarakat Papua, Kami berjanji bahwa Polri akan tetap hadir bersama pemerintah untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan berbagai tantangan.” ujar Abdus Syukur.

Abdus Syukur menjelaskan, bulan depan akan dimulai tahapan Pilkada serentak untuk pertama kalinya setelah Papua dimekarkan tahun 2022 menjadi empat daerah otonom provinsi tetapi masih dalam satu Polda. Dengan wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang padat untuk pertama kalinya akan digelar Pemilu memilih empat gubernur. 

Hal ini tentunya sangat berbeda dari Pilkada sebelumnya. Oleh karena itu selain Polri memerlukan campur tangan Tuhan dalam pelaksanaan tugas ini, Polri juga memohon bantuan, dukungan, dan doa restu dari masyarakat dan seluruh elemen di Papua. 

“Saya yakin dan percaya dengan bergandengan tangan kita akan menyukseskan Pilkada damai. Papua akan menjadi barometer provinsi terjauh dari Ibukota yang kerap dikatakan rawan kamtibmas namun berhasil menjadikan Pemilu berlangsung damai. Tentunya tidak ada yang tidak mungkin, jika Pileg dan Pilpres 2024 lalu sukses maka Pilkada 2024 juga harus sukses,” ujarnya. 

Kapolda Fakhiri juga mengajak masyarakat dan seluruh elemen bergandengan tangan membangun persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, ras maupun agama demi mewujudkan Pilkada aman, lancar, sukses, dan bermartabat di tanah Papua yang dicintai bersama. 

“Saya ucapkan ‘Selamat Ulang Tahun ke-78 Kepada Para Bhayangkara Sejati. Teruslah menjadi pelopor Polri presisi yang mengabdi bagi negeri. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi setiap langkah kita dalam melaksanakan pengabdian di tanah Papua. Amin…,” ujar Abdus Syukur dalam amanat tertulis Kapolda Papua.

Dalam upacara Hari Bhayangkara di Polres Paniai hadir juga Penjabat Sekda Paniai Denci Meri Nawipa, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Paniai Usmar Bujar, SKM, Dandim 1703/Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto, SE, dan Danyon Satgas Yonif 527/By Letkol Inf Ragil Jaka Utama, S.Hub.Int, MH. 

Selain itu, Staf Ahli Bupati Paniai Frans kalalembang, ST, Direktur RSUD Paniai  dr Agus, Ketua Bawaslu Paniai Stepanus Gobai, Danyon Ki C Nabire Kompol Agustinus Puhiri, SIK, Kabag Ops Polres Paniai AKP Henry Joedo Manurung, dan Kasat Lantas Polres Paniai Iptu Sugiarto, SH.

Kemudian Danton Brimob Ki C Nabire Ipda Micael Jakson Korwan, Dantim Bais Paniai Lettu Sus Elpani, Danpos Mandala IV Paniai Letda Inf Arjul Siregar, Danpos Satgas Pasgat Paniai Letda Pas Rudi Setiawan, Pasi Ops Kodim 1703/Deiyai Letda Czi Andika, Kasat Pol PP Paniai Ice Pigome,  Kepala BPBD Paniai Alex Yogi, dan para anggota TNI-Polri yang bertugas di Paniai. 

Para personil upacara terdiri dari satu SSR Perwira Polri, satu SSR Koramil 1703-01/Enarotali, satu SST Satgas Yonif 527/BY, satu SSR Satgas Kopasgat, satu SST Brimob Yon C Nabire, satu Gabungan Staf Polres Paniai, satu SST Gabungan Staf Intel, Reskrim, Narkoba, dan satu SST Satpol PP Paniai. (Ansel Deri.Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :