Tokoh Katolik Yakobus Dumupa Apresiasi Tino Mote Pimpin Pemuda Katolik Komda Papua Tengah - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan

Tokoh Katolik Yakobus Dumupa Apresiasi Tino Mote Pimpin Pemuda Katolik Komda Papua Tengah

Tokoh Katolik dan intelektual tanah Papua Yakobus Dumupa, SIP, MIP. Foto: Istimewa

Loading

NABIRE, ODIYAIWUU.com — Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Papua Tengah, Jumat (21/6) menggelar Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) I di Aula Gereja Kristus Sahabat Kita (KSK) Bukit Meriam, Nabire, kota Provinsi Papua Tengah. Muskomcab bertema Pemuda Katolik Bangkit Demi Gereja dan Bangsa.

Muskomda perdana di daerah otonom baru (DOB) provinsi itu dihadiri enam dari delapan Komisariat Cabang (Komcab) Pemuda Katolik di Papua Tengah yakni Komcab Nabire, Dogiyai, Deiyai, Paniai, Mimika, dan Puncak Jaya. Dua Komcab yang berhalangan hadir yaitu Komcab Puncak dan Intan Jaya.

Tokoh Katolik dan intelektual muda tanah Papua Yakobus Dumupa, SIP, MIP mengapresiasi peserta Muskomcab I yang sukses memilih Tino Mote sebagai Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Papua Tengah periode 2024-2027. Tino sebelumnya menjabat ketua caretaker sejak terbentuknya Pemuda Katolik Komda Papua Tengah.

“Puji dan syukur kepada Tuhan dan terimakasih kepada Panitia Muskomda I Pemuda Katolik Papua Tengah yang telah menyukseskan kegiatan tersebut. Saya menyampaikan selamat kepada kaka Tino Mote yang telah terpilih menjadi Ketua Pemuda Katolik Komda Papua Tengah,” ujar Yakobus Dumupa melalui keterangan tertulis yang diterima Odiyaiwuu.com dari Nabire, Papua Tengah, Senin (24/6).

Menurut Yakobus, penulis belasan buku aneka tema, terpilihnya Tino merupakan harapan besar bagi kelangsungan organisasi mengingat ia seorang tokoh pemuda Katolik yang sudah lama berkecimpung dalam lingkungan kegiatan gereja Katolik, terutama kegiatan yang berkaitan dengan kepemudaan.

“Dengan pengalaman tersebut, saya percaya beliau dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar ke depan. Mari kita dukung beliau. Dalam pelaksanaan tugas keorganisasian Pemuda Katolik Komda Papua Tengah ke depan saya,” kata Yakobus, mahasiswa Program Doktor Antropologi Universitas Cenderawasih (Uncen), Jayapura, Papua.

Menurut Yakobus, mantan Bupati Kabupaten Dogiyai, ada sejumlah harapan terpilihnya Mote sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Papua Tengah. Pertama, ketua terpilih memperkuat kepengurusan organisasi sampai ke basis yang terbawah. Misalnya, dengan mengikutsertakan sebanyak mungkin pemuda Katolik di seluruh Papua Tengah. 

Kedua, ketua terpilih dan kepengurusan baru perlu menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan yang benar-benar pro-rakyat (umat), tidak menjadi organisasi yang hanya mau melayani kepentingan penguasa agar semangat pro ecclesia et patria bisa terwujud. 

Ketiga, membangun jaringan dan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka melaksanakan program dan kegiatan, karena hidup butuh persaudaraan dan persahabatan. 

Sedangkan Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Pengurus Pusat Pemuda Katolik Melkianus Da Costa Pires mengatakan, penguatan sumber daya manusia kader untuk membangun Pemuda Katolik di seluruh wilayah Papua Tengah sangat penting. 

“Saya mengajak para kader untuk berkomitmen dalam merealisasikan program-program yang bermitra dengan pemerintah provinsi serta memperhatikan persoalan sosial kemasyarakatan di sekitar,” ujar Da Costa Pires, (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :