Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk Serahkan Hewan Qurban Presiden Joko Widodo Untuk Masjid Al-Hidayah Girimulyo

Penjabat Gubernur Papua Tengah Serahkan Hewan Qurban Presiden Untuk Masjid Al-Hidayah Girimulyo

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Dr Ribka Haluk, S.Sos, MM yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Ausilius You, S.Pd, MM, MH saat menyerahkan secara simbolis hewan qurban kepada umat Islam dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Al-Hidayah Girimulyo, Nabire, Sabtu (15/6). Foto: Istimewa

Loading

NABIRE, ODIYAIWUU.com Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Dr Ribka Haluk, S.Sos, MM yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Ausilius You, S.Pd, MM, MH, Sabtu (15/6) pukul 13.00 WIT menyerahkan secara simbolis hewan qurban kepada umat Islam dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Al-Hidayah Girimulyo, Nabire.

Prosesi penyerahan dihadiri juga sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah seperti Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, Perikanan, dan Peternakan; LO BINDA Papua Tengah; LO Polda Papua Tengah; Kejati Papua Papua; dan para Pimpinan Tinggi Pratama Papua Tengah; perwakilan Korem 173, Staf Ahli Gubernur, Asisten III Setda, dan Wakil Ketua II MRP Provinsi Papua Tengah. 

Selain itu, Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid dan Pengurus Masjid Al-Hidayah  Girimulyo; Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid dan Pengurus Masjid Al Qodri Karang; Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid dan Pengurus Masjid Nurul Bahri Smoker; Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid dan Pengurus Masjid Al Azhar Samabusa; para tokoh agama; dan alim ulama serta tamu undangan.

Penjabat Gubernur Ribka Haluk dalam sambutan yang dibacakan Ausilius mengajak hadirin memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga semua yang hadir masih diberi kesehatan, kekuatan serta kesempatan menghadiri acara penyerahan hewan qurban dari Presiden Republik Indonesia dan Penjabat Gubernur Papua Tengah serta dalam keadaan sehat walafiat. 

“Hari raya Idul Adha yang akan diperingati pada 17 Juni 2024 atau 10 Zulhijjah 1445 Hijriah biasanya dikenal dengan lebaran haji. Sebagai orang yang beriman  hendaknya kita selalu taat kepada apa yang telah diperintahkan oleh Tuhan kita. Tuhan telah memberikan kita nikmat yang banyak, maka merupakan kewajiban kita untuk senantiasa beribadah kepada Tuhan dan berkurban,” ujar Penjabat Gubernur Ribka Haluk.

Menurut Ribka, hari raya Idul Adha atau sering disebut hari raya qurban, di situlah kita dapat menyaksikan orang-orang Muslim yang mampu untuk berkurban dan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu, di antara masyarakat Kabupaten Nabire dalam suasana kekeluargaan dan persaudaraan yang harmonis. 

Ribka juga menitip pesan kepada hadirin agar saat pelaksanaan qurban, hendaknya pendistribusian daging qurban dapat dibagikan kepada pihak-pihak yang berhak menerimanya. 

Ribka meminta mengutamakan para kaum dhuafa dan warga masyarakat sekitar lingkungan Masjid penerima bantuan hewan qurban.Melalui penyerahan hewan qurban, ia berharap menjadi umat yang semakin bertaqwa dan beriman kepada Tuhan yang Maha Esa. 

“Akhirnya hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa jualah kita bersandar, berharap, dan memohon taufik dan hidayah-Nya, semoga dengan melaksanakan qurban dengan umat Muslim khususnya di Papua Tengah akan menjadi muslim dan muslimah yang muttaqin. Aamin… Ya Rabbal Alamin,” kata Ribka.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Papua Tengah mewakili Ibu Penjabat Gubernur, saya menyerahkan secara simbolis hewan qurban kepada empat pengurus Masjid. Satu ekor sapi dari Bapak Presiden untuk Masjid Al-Hidayah Girimulyo,” ujar Ausilius You melalui keterangan tertulis kepada Odiyaiwuu.com saat menyerahkan hewan qurban di Nabire, Papua Tengah, Sabtu (15/6).

Selain itu, ujar Ausilius, satu ekor sapi dari Penjabat Gubernur Ribka Haluk untuk Masjid Al-Qodri Karang, satu ekor sapi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Tengah untuk Masjid Nurul  Bahri Smoker dan satu ekor sapi dari Sekda Papua Tengah untuk Masjid  Al-Azhar Samabusa. (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :