Massa Bakar Kantor Distrik Bayabiru Buntut Pemindahan Tempat Pemungutan Suara Pemilu 2024 ke Distrik Aradide - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan

Massa Bakar Kantor Distrik Bayabiru Buntut Pemindahan Tempat Pemungutan Suara Pemilu 2024 ke Distrik Aradide

Kantor Distrik Bayabiru dibakar massa setelah tersulut emosi karena tempat pemungutan suara Pemilu 2024 dipindahkan ke Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, Minggu (11/2) sekitar pukul 15.10 WIT. Kantor distrik itu akhirnya ludes dilalap api. Foto: Istimewa. Foto: Istimewa

Loading

ENAROTALI, ODIYAIWUU.com — Sejumlah orang melampiaskan amarahnya dengan membakar kantor Distrik Bayabiru, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, Minggu (11/2) sekitar pukul 15.10 WIT.

Amuk massa dipicu ketidakpuasan sebagian warga karena lokasi pemungutan suara Pemilu 2024 dipindahkan ke Aradide. Massa kemudian tersulut emosi lalu membakar kantor distrik hingga ludes.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Paniai AKBP Abdus Syukur Felani membenarkan, kejadian ini sebagai respons atas ketidakpuasan sebagian masyarakat terhadap Pemilihan Umum, baik Pilpres maupun Pileg baik DPR RI, DPD RI maupun DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, yang tidak dilakukan di Bayabiru.

“Protes ini dipicu oleh penempatan pemungutan suara Pileg dan Pilpres di Distrik Aradide, bukan di Distrik Bayabiru. Selain itu, keluhan terhadap kepala distrik yang absen serta masalah pembayaran bahan kayu untuk pembangunan kantor distrik juga menjadi pemicu utama,” ujar Abdus kepada Odiyaiwuu.com dari Enarotali, kota Kabupaten Paniai, Senin (12/2).

Abdus menambahkan, meski pihaknya sudah memberikan himbauan kepada warga untuk tidak terprovokasi, namun seruan tersebut tidak diindahkan. Massa akhirnya melampiaskan emosi dengan membakar kantor Distrik Bayabiru.

“Kami akan mengusut tuntas kasus ini dan mengidentifikasi pelaku serta pihak yang berpotensi memprovokasi kerusuhan tersebut,” ujar Abdus lebih lanjut.

Pihak kepolisian, lanjutnya, akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna mengungkap dan menangkap siapa pelaku di balik aksi itu serta mengambil tindakan hukum yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

 

Tinggalkan Komentar Anda :