Danrem 173/PVB Franz Purba Apresiasi Kerjasama Harmonis Dandim Deiyai Dedi Suryanto dan Jajarannya Bersama Pemerintah dan Warga - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan

Danrem 173/PVB Franz Purba Apresiasi Kerjasama Harmonis Dandim Deiyai Dedi Suryanto dan Jajarannya Bersama Pemerintah dan Warga

Komandan Komando Resor Militer atau Danrem 173/PVB) Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, SIP, MM beserta rombongan didampingi Dandim 1703/Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto, SE saat melakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 1703/Deiyai, Papua Tengah, Selasa (19/12). Foto: Istimewa

Loading

WAGHETE, ODIYAIWUU.com — Komandan Komando Resor Militer atau Danrem 173/PVB) Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, SIP, MM menyampaikan apresiasi, penghargaan kepada Dandim 1703/Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto, SE bersama jajarannya sukses melaksanakan berbagai program yang sudah direncanakan di wilayah binaannya di Kabupaten Deiyai dan Paniai.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Dandim 1703/Deiyai Pak Dedi yang memaparkan berbagai program sesuai arahan Bapak Panglima TNI, Bapak Pangdam, dan Bapak Kasad dan berhasil membantu masyarakat. Saya usahakan untuk membantu tangki air agar Kodim dan masyarakat memudahkan memperoleh air minum,” ujar Danrem 173/PVB Brigjen TNI Franz Purba melalui keterangan yang diterima Odiyaiwuu.com dari Waghete, Papua Tengah, Selasa (19/12).

Brigjen Franz Purba juga menyampaikan terima kasih Dandim beserta jajarannya serta Pemerintah Kabupaten Deiyai dan Paniai, para tokoh serta masyarakat yang menyambut rombongan penuh kekeluargaan. Momentum tersebut, ujarnya, sekaligus ia mengenang memori saat ditugaskan di Kodim Deiyai.

“Pada kesempatan ini saya meminta kepada Pak Dandim agar berbagai program yang sudah disampaikan seperti membantu gizi masyarakat untuk terus dilanjutkan sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah daerah dalam membangun masyarakat,” ujar Franz Purba.

Pihaknya juga berharap agar Dandim 1704/Deiyai beserta jajarannya selalu menjaling kerjasama yang harmonis dengan masyarakat, pemda, TNI-Polri, dan berbagai elemen masyarakat sehingga terjadi demi memajukan daerah lebih sejahtera, aman, dan damai.

“Saya juga mengajak kita semua, mari kita ambil bagian dalam upaya menciptakan Pemilu yang damai. Kita bersama TNI dan Polri jaga selalu netralitas dalam pelaksanaan Pemilu sehingga prosesnya berlangsung dengan lancar. Saya juga mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru kepada masyarakat sesama saudara umat Kristiani. Saya sungguh mengapresiasi pemerintah dan warga masyarakat di wilayah Deiyai dan Paniai karena momentum Natal kali ini aman dan kondusif,” ujar Franz Purba, prajurit berdarah Batak.

Brigjen Franz Yohanes Purba didampingi Kasiter Kasrem 173/PVB1 Kolonel Kav MS Prawira Negara, SE, MM, Kasi Intel Kasrem 173/PVB Kolonel Inf Irvan Christian Tarigan, SIP, M.Han, dan Wadan Denhubrem 173/PVB Kapten Chb Yanuar HS, Selasa (19/12) pukul 15.45 WIT tiba di Unit Persiapan Bandara Udara Waghete, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah dalam rangkaian kunjungan kerja.

Franz Purba beserta rombongan dalam kunker di wilayah Kodim 1703/Deiyai dengan mengunakan pesawat Smart Cakrawala Aviation PK SNA engan pilot Capt Wahyu. Saat tiba, rombongan dijemput Dandim 1703/Deiyai I Wayan Dedi Suryanto, Kapolres Deiyai Kompol I Made Suartika, SIP, dan Danyon Satgas Pam rahwan Yonif 527/BY Letkol Inf Ragil Jaka Utama.

Selain itu, Wakapolres Paniai Kompol Dr Subekti Wibowo, SH, M.Si, Danramil 1704-02/Tigi Mayor Czi Jarman, Pasi Intel Kodim 1703/Deiyai Kapten Inf Eko Warsito, Dan Unit Intel Kodim 1703/Deiyai Letda Inf Yahya Kabarek, dan Danki Satgas Yonif 527/BY Pos Waghete II Letda Inf Rey Wenda.

Kemudian Wadanramil 1703-02/Tigi Letda Inf Sudarno, Danramil 1703-04/Aradide Letda Inf Oktovianus Solgerai, Danrami 1703-03/Obano Letda Inf Suleman Demotikai, Kasat Pol PP Paniai Usman, Sekretaris Daerah Paniai Yosafat Yogi, Kepala Suku Paniai Yohanes Yumai, Kepala Adat Paniai Marten Gobai, dan Ketua LMA sekaligus Kepala Suku Besar Tigi Frans Mote.

Menurut Dedi Suryanto, sekitar pukul 15.46 WIT Brigjen TNI Franz Yohanes Purba beserta rombongan tiba di Unit persiapan Bandara Udara Waghete. Setelah istirahat sejenak di ruangan VIP Room Unit Persiapan Bandar Udara Waghete, rombongan bergerak menuju Makodim 1703/Deiyai mengunakan kendaraan roda empat jenis Pajero Sport.

“Sekitar pukul 16.33 WIT Pak Brigjen Franz Yohanes Purba beserta rombongan tiba di Makodim 1703/Deiyai dan dilanjutkan dengan penghormatan jajar oleh anggota jaga kepada Danrem 173/PVB. Pukul 16.38 WIT digelar doa peresmian Aula Kodim 1703/Deyai oleh Bapak Pendeta Januari Koibur dari Gereja Bethel Indonesia diikuti dengan prosesi pemotonga pita oleh Pak Danrem,” kata Dedi.

Dalam sambutannya, Dedi melaporkan sejumlah kegiatan yang telah dan sedang dikerjakan Kodim 1703/Deyai. Di bidang intelijen, ujar Dedi, para tokoh di wilayah binaan sudah menerima pembangunan secara bertahap. Relasi dengan masyarakat sangat harmonis dan cipta kondisi wilayah sudah semakin baik.

“Di bidang operasi perlu saya sampaikan bahwa lapangan tembak swadaya sudah terwujud namun status tanah masih pinjam dari pemda. Sedangkan terkait logistik rumah dinas ada tiga unit namun fisik pagar belum ada. Motor dinas baru dari Kementerian Pertahanan 70 unit. Sumber air satuan masih tadah hujan. Kemudian barak yang kami bangun secara swadaya sudah diresmikan Bapak Pangdam XVII Cendrawasih. Sedangkan aula swadaya sudah diresmikan Pak Danrem 173/Pvb,” ujar Dedi.

Sedangkan di bidang teritorial, menurut Dedi, binter kreatif selalu beradaptasi dengan kearifan lokal. Selain itu, pemberian makanan tambahan kepada anak-anak sekolah dan balita terus berlanjut. Giat ketahanan pangan berupa budidaya pangan pangan local terus berjalan.

“Pengolahan hasil pangan lokal seperti nenas, terong belanda, ubi petatas dan ikan mujair menjadi produk bernilai ekonomi tinggi melalui UMKM Koperasi Kodim 1703/Deiyai,” lanjut Dedi, prajurit berdarah Bali.

Bupati Kabupaten Paniai melalui Kasat Pol PP Paniai Usman mengatakan, selama ini Pemkab Paniai bersama Kodim 1704/Deiyai sudah menjalin kerjasama yang baik dan komunikasi yang produktif.

“Pemda Deiyai menyampaikan apresiasi kepada Pak Dandim Deiyai yang telah memaparkan program stunting. Kami berharap agar kerjasama dalam Pemilu serentak 2024 berlangsung aman dan lancar,” ujar Usman.

Dalam kunjungan Danrem 173/PVB Brigjen TNI Franz Purba, dilangsungkan juga Penandatangani Deklarasi Pemilu Damai yang dihadiri juga Bupati Deiyai yang diwakili Kapolres Deiyai, Dandim 1703/Deiyai, Bawaslu Deiyai, masing-masing parpol di Deiyai dan Paniai, Ketua LMA sekaligus Kepala Suku Besar Tigi, Danyon Satgas Pam Rahwan Yonif 527/BY, Satgas Mandala lV Deiyai, dan Pendeta Juanuarius Koibur dari GBI.

Selama kunjungan kerja Danrem 173/PVB berserta rombongan di wilayah Kodim 1703/Deiyai berjalan lancar dan aman. (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :