Penjabat Gubernur Ribka Haluk Apresiasi Kemendagri Gelar Rakor Terkait Persoalan Beasiswa Unggul Mahasiswa Papua - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan

Penjabat Gubernur Ribka Haluk Apresiasi Kemendagri Gelar Rakor Terkait Persoalan Beasiswa Unggul Mahasiswa Papua

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Tengah Dr Ribka Haluk, S.Sos, MM saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pemanfaatan Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua terkait pemberian beasiswa unggul Papua di Ruang Sidang Utama Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (12/4). Foto: Istimewa

Loading

JAKARTA, ODIYAIWUU.com — Penjabat Gubernur Provinsi Papua Tengah Dr Ribka Haluk, S.Sos, MM mengapresiasi langkah pihak Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemanfaatan Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua terkait pemberian beasiswa unggul Papua. Rakor bertujuan mencari solusi permasalahan beasiswa mahasiswa dan siswa unggul Papua melalui dana otonomi khusus (otsus).

“Saya selaku Penjabat Gubernur Papua Tengah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui rapat koordinasi ini sehingga menghasilkan solusi positif bagi mahasiswa asli Papua melalui program beasiswa unggul Papua untuk tetap melanjutkan studinya di berbagai perguruan tinggi,” ujar Ribka Haluk saat berlangsung rapat koordinasi di Ruang Sidang Utama Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (12/4)

Rapat koordinasi dipimpin Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, SH, MH. Selain Ribka, sejumlah gubernur tanah Papua hadir dalam rapat tersebut seperti Pelaksana Harian Gubernur Papua, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Penjabat Sekretaris Daerah Papua Selatan, Penjabat Sekda Papua Tengah, Penjabat Sekda Papua Pegunungan, Penjabat Sekda Papua Barat Daya, dan Pelaksana Harian Sekda Papua.

Sejumlah pejabat Kemendagri hadir dalam rapat tersebut. Selain Wetipo, hadir juga Dirjen Bina Keuangan Daerah Agus Fatoni serta sejumlah pejabat dari Inspektorat Jenderal (Itjen), Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah, Ditjen Bina Kauangan Daerah, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, dan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendagri.

Apresiasi ini disampaikan Ribka menyusul disepakatinya pembayaran beasiswa bagi mahasiswa asal Papua Tengah, termasuk seluruh daerah di Papua, baik untuk tunggakan tahun 2022 maupun 2023 dan tahun-tahun selanjutnya.

“Rapat hari ini (merupakan) rapat terakhir. Tidak ada rapat-rapat lagi. Sudah banyak sekali rapat dilakukan. Rapat hari ini (diharapkan) tuntas. Setelah ini tinggal eksekusi,” kata Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo usai berlangsung rapat di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (12/4).

Dalam kesempatan tersebut, John, putra asli Papua, juga memaparkan laporan sejumlah hasil pemeriksaan terkait keterlambatan pembayaran Program Beasiswa Unggul Papua tahun 2022. Karena itu, ia meminta persoalan tersebut segera dicari jalan keluarnya. “Rakor ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencari solusi berbagai permasalahan terkait dengan beasiswa mahasiswa Papua,” kata John lebih lanjut.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, pemerintah pusat serius mencari solusi dan melakukan fasilitasi dalam penyelesaian permasalahan beasiswa di Papua. “Sudah berkali-kali dilaksanakan rapat, pertemuan bahkan hampir setiap minggu dilaksanakan rapat,” kata Fatoni.

Berbagai rapat tersebut melibatkan juga kementerian atau lembaga terkait. Misalnya, Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Pembangunan Nasional dan Sekretariat Wakil Presiden.

Berbagai rapat juga digelar bersama Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten dan Kota di Papua, Pemerintah Povinsi daerah otonom baru (DOB) hasil pemekaran, dan pihak penyelenggara beasiswa.

“Alhamdulillah! Rapat (Rabu, 12/4) hari ini tuntas. Sudah disepakati pembayaran beasiswa mahasiswa Papua dengan semua daerah yang ada di Papua. Baik untuk tunggakan tahun 2022 maupun untuk tahun 2023 dan tahun-tahun selanjutnya,” kata Fatoni menambahkan. (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :