PYCH Wujud Komitmen Jokowi Atas Kerinduan Ruang Kreasi Bagi Generasi Muda Papua - Odiyaiwuu.com | Membahagiakan Kehidupan

PYCH Wujud Komitmen Jokowi Atas Kerinduan Ruang Kreasi Bagi Generasi Muda Papua

Presiden Joko Widodo didampingi dua perempuan muda Papua saat meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua, Selasa (21/3). PYCH merupakan jawaban permintaan 23 anak muda Papua saat bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu sebelumnya. Foto: Istimewa

Loading

JAYAPURA, ODIYAIWUU.com — Sebanyak 23 anak muda Papua mememenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertandang ke Istana Negara, Medan Merdeka, Jakarta beberapa waktu lampau.

Di hadapan Kepala Negara kala itu, puluhan anak muda Papua blak-blakan meminta agar Jokowi menyediakan sebuah ruang pemberdayaan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi pengembangan potensi SDM generasi mudanya.

“(Selasa, 21/3) pagi hari ini saya betul-betul merasa sangat bangga. Permintaan 23 anak muda Papua yang saya undang ke Istana untuk miliki sebuah ruang pemberdayaan peningkatan kualitas SDM, hari ini bisa kita lihat bersama di Papua Youth Creative Hub di Jayapura,” ujar Jokowi melalui keterangan tertulis yang diterima Odiyaiwuu.com usai meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua, Selasa (21/3).

Menurut Jokowi, PYCH akan menjadi contoh untuk pembukaan di provinsi-provinsi lain. Karena itu, gedung seperti itu harus ada di daerah lain. Hal tersebut telah pula disampaikan kepada Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN). Bahkan, tahun depan hal itu diharapkan dapat terealisasi.

“Tadi saya bisik-bisik sama Kepala BIN (Budi Gunawan), Gedung PYCH di Papua ini merupakan yang pertama di Indonesia. Saya minta agar juga dibangun di NTT, Papua Barat, kemudian Maluku, dan Aceh mulai tahun ini sehingga selesainya tahun depan. Niru semua yang ada di sini. Ini sudah sangat bagus,” ujar Jokowi, mantan Walikota Solo.

Peresmian tersebut selain dihadiri Kepala BIN Budi Gunawan dihadiri pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, dan Pelaksana Harian Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, serta pendiri (founder) PYH Simon Tabuni.

Anggaran daerah

Pada bagian lain pidatonya saat berlangsung prosesi peresmian, Jokowi meminta masyarakat Papua melakukan pengawasan terhadap anggaran pemerintah yang diperuntukkan bagi pembangunan di wilayah Papua.

Presiden juga mengakui pihaknya tak memungkiri, korupsi menjadi momok di seluruh wilayah dalam pembangunan daerah. Sejak tahun 2014 hingga 2022, ujar Jokowi, Pemerintah Pusat sudah menggelontorkan anggaran Rp 1.036 triliun untuk pembangunan Papua.

“Uang ini sangat besar sekali, makanya saya minta masyarakat Papua, tolong awasi, kawal, dan amati terus supaya uang ini jangan sampai belok kemana-mana, dikorupsi,” kata Jokowi.

Jokowi menyebut, anggaran tersebut sudah digunakan untuk membiayai berbagai pembangunan seperti pembangunan Jalan Trans Papua sepanjang 3.462 km, jalan perbatasan 1.098 km, dan jembatan Youtefa sepanjang 1,3 km.

Selain itu, dibangun juga Bandara Domine Eduard Osok, Bandara Wamena, pembangunan Pos Lintas Batas (PLB) di tiga lokasi. Ketiganya adalag PLB Skouw di Kota Jayapura, PLB Sota, dan PLB Yetetkun.

“Seluruh pembangunan itu, memberikan dampak positif bagi perkembangan Papua. Semua kita telah selesaikan,” lanjut Jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta. (Ansel Deri/Odiyaiwuu.com)

Tinggalkan Komentar Anda :