Berita Terbaru :
Home » , , » Paslon Ya! Ok! janji siap proteksi orang asli Dogiyai

Paslon Ya! Ok! janji siap proteksi orang asli Dogiyai

Written By Odiyai Wuu on Rabu, 30 November 2016 | 19.45

Paslon Yakobus Dumupa dan Oskar Makai/ist
Dogiyai - Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dogiyai periode 2017-2022, Nomor 1, Yakobus Dumupa dan Oskar Makai (Ya! Ok!) mengaku pihaknya siap melakukan proteksi terhadap orang asli Papua (OAP) khususnya orang asli Dogiyai jika nantinya masyarakat memberikan kewenangan memimpin Dogiyai selama lima tahun ke depan. 

Calon bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa mengatakan, hal itu dilakukannya guna mengetahui berapa banyak jumlah marga yang ada di daerah Kamuu dan Mapiha (Dogiyai) itu agar bisa memberikan lapangan pekerjaan yang layak.

“Salah satu program adalah memproteksi orang asli Papua, khususnya orang asli Dogiyai (Mee). Ini kami lakukan agar diketahui bersama karena ada informasi bahwa ada beberapa marga sedang menuju ke arah kepunahan. Namun, lebih dari itu kami ingin menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka (orang Mee asli Dogiyai),” kata Calon bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, Rabu, (16/11/2016).

Pihaknya menempuh cara itu, menurut mantan ketua kelompok kerja (Pokja) adat Majelis Rakyat Papua (MRP) ini, agar yang menyangkut perlindungan hak-hak orang asli Dogiyai.  “Jadi, kami proteksi itu mengetahui berapa jumlah marga asli Dogiyai dari 10 distrik itu dan kita bersama melakukan langkah-langkah perlindungan. Perlindungannya seperti hak ulayat, hak persekutuan masyarakat adat, lingkungan hidup masyarakat suapay bisa memanfaatkan tanah, hutan dan air serta isinya,” tutur Dumupa.

Sementara itu, Cawabup Dogiyai, Oskar Makai menghimbau kepada para tim sukses, pendukung, dan simpatisannya serta seluruh warga masyarakat untuk berkampanye secara damai, menghindari tindakan fitnah dan provokatif, menjunjung tinggi aturan perundang-undangan dan mengedepankan penghargaan terhadap nilai-nilai demokrasi dan hak-hak asasi manusia.

“Itu karena Tuhan telah menentukan Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai periode 2017-2022. Kita hanya mengikuti kehendaknya itu dengan berdoa, berjuang dan bekerja keras. Tuhan akan menunjukkan kasihnya pada waktunya,” ujar Wakei. (IST).
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI