Berita Terbaru :
Home » , » Apa Indikator Kemajuan dan Kesejahteraan Orang Asli Papua?

Apa Indikator Kemajuan dan Kesejahteraan Orang Asli Papua?

Written By Odiyai Wuu on Jumat, 06 Februari 2015 | 10.33

OAP : Lapar diatas Tanah yang Kaya (Foto.Ilustrasi)
Semua orang yang menjadi pemimpin dalam pemerintahan di Papua (sebagaimana umumnya di seluruh belahan dunia) selalu mempunyai cita-cita untuk memajukan dan mensejahterakan orang asli Papua. Otonomi Khusus Papua pun disebut-sebut didesain dan diimplementasikan untuk kepentingan itu. Dan itu wajar saja sebab idealnya setiap pemimpin dengan kebijakan-kebijakan tertentu (misalnya, Otonomi Khusus Papua) ada untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Tetapi muncul sebuah pertanyaan, kemajuan dan kesejahteraan seperti apa yang hendak diwujudkan bagi orang asli Papua?

Ada beberapa (asumsi) indikator yang sering digunakan untuk mengukurnya. Ada yang berasumsi bahwa kemajuan dan kesejahteraan orang asli Papua dapat dilihat dari indikator ekonomi, misalnya pendapatan perkapita, struktur ekonomi, jumlah tabungan, dan urbanisasi. Ada yang berasumsi bahwa kemajuan dan kesejahteraan orang asli Papua dapat dilihat dari indikator sosial, misalnya indeks pembangunan manusia dan indeks kualitas hidup. Dan masih banyak indikator lainnya. Tetapi sepengetahuan saya, hingga kini belum ada patokan indikator yang jelas, yang dapat menunjukkan tingkat kemajuan dan kesejahteraan orang asli Papua sebagaimana dicita-citakan oleh para pemimpin dalam pemerintahan dan juga dicita-citakan dalam kebijakan Otonomi Khusus Papua.

Sepanjang belum ada indikator yang jelas, baik, dan benar mengenai kemajuan dan kesejahteraan orang asli Papua, maka sepanjang itu siapapun tidak akan pernah mampu mengukur tingkat kemajuan dan kesejahteraan orang asli Papua.

Oleh : Yakobus Odiyaipai Dumupa
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI