Berita Terbaru :
Home » , » Pemilukada Dogiyai Molor Akibat Pertarungan Tidak Sehat

Pemilukada Dogiyai Molor Akibat Pertarungan Tidak Sehat

Written By Odiyai Wuu on Sabtu, 03 Januari 2015 | 04.06

Kantor Bupati Dogiyai (Foto:Egeidaby)
JUBI --- Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), Yakobus Dumupa, menyayangkan terhentinya pelaksanaan agenda Pemilukada di Kabupaten Dogiyai. Pesta demokrasi perdana di kabupaten itu molor akibat pertarungan kepentingan politik para kandidat bersama tim sukses dan terjadinya dua kali pergantian anggota KPUD.

"Karena ada pertarungan kepentingan, Pemilukada di Dogiyai tidak berjalan lancar. Saya sangat prihatin melihat kenyataan sudah sejak dua tahun lalu Pemilukada dimulai, tetapi sampai sekarang belum juga tuntas dilaksanakan," katanya kepada tabloidjubi.com di Jayapura, Rabu (23/11) siang.

Mencermati kemelut pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Dogiyai, Yakobus Dumupa berpendapat bahwa tentu saja banyak dampak yang langsung maupun tidak langsung misalnya terhadap roda pemerintahan dan pembangunan.

"Molornya pelaksanaan Pemilukada Langsung di Kabupaten Dogiyai secara tidak langsung ikut memengaruhi efektivitas pembangunan di Kabupaten Dogiyai, yang pada akhirnya berakibat lambannya pelayanan pemerintahan dan pembangunan bagi masyarakat setempat. Masalahnya adalah setiap dana yang dianggarkan sebelumnya selalu dihabiskan oleh anggota KPUD Dogiyai pada tiap kali pergantian anggota KPUD Dogiyai, padahal pelaksanaan Pilkada Langsung Kabupaten Dogiyai itu sendiri tidak berjalan efektif," tutur Jack.

Ia juga menilai dari aspek politik menjadi cermin ketidakdewasaan para pemangku kepentingan politik di Kabupaten Dogiyai maupun para kandidat dan pihak terkait lainnya untuk mengelola sistem perpolitikan yang demokratis dan humanis. "Dan ini merupakan wujud edukasi politik yang buruk bagi masyarakat di Kabupaten Dogiyai," ujar Anggota MRP dari unsur Adat asal Daerah Pemilihan Kabupaten Nabire, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Paniai itu

Untuk mengakhiri kemelut dalam pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Dogiyai, menurut Jack Dumupa, "Semua pihak sebaiknya mencari solusi penyelesaian masalah dengan baik, demokratis dan sesuai dengan aturan yang berlaku." (Jubi/Markus)

Sumber : Tabloid Jubi
Tanggal : 24 November 2013
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI