Berita Terbaru :
Home » » MRP Terima Berkas Cagub Papua

MRP Terima Berkas Cagub Papua

Written By Odiyai Wuu on Sabtu, 03 Januari 2015 | 03.32

Kantor MRP (Tampak Depan)
Jayapura --- Majelis Rakyat Papua (MRP) menerima berkas bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur (Cagub dan Cawagub) Papua dari DPR Papua, yang selanjutnya akan diverifikasi dan diberikan pertimbangan sesuai keaslian para calon sebagai orang asli Papua, selama dua minggu. Acara penyerahan dilakukan di Kantor MRP di Kotaraja, Jumat (13/7).

Penyerahan berkas itu diberikan langsung oleh ketua Pansus Pilkada DPRP Papua, Ruben Magai kepada ketua MRP Timotius Murib yang disaksikan langsung oleh sejumlah anggota Pansus Pilkada DPR Papua dan Pansus Klarifikasi Bakal Cagub dan Cawagub MRP.

Diketahui dari pasangan yang dilaporkan sebanyak enam bakal cagub dan cawagub Papua periode 2012-2017 yang diusung oleh partai ataupun dari calon perseorangan/independen telah resmi mendaftar di Pansus Pilkada DPR Papua pada Mei lalu.

Mereka diantaranya adalah pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal, Melkias Habel Suwae-Yop Kogoya, Manase Roberth Kambu-Blasius Pakage dan Alex Hesegem-Mathen Kayaoi. Dan tiga pasangan dari calon independen Noak Nawipa-Jhon Wob, Welington Wenda-Weynand Watori dan Jhon Karubaba-Willi B Magai.

Ketua Pansus klarifikasi Bakal Cagub dan Cawagub MRP, Yakobus Dumupa ketika dikonfirmasi hal itu mengaku penerimaan berkas dari Tim Pansus Pilkada DPRP Papua telat tiga hari, yang seharusnya diterima pada tiga hari lalu. "Hari ini MRP terima berkas dari Pansus Pilkada DPRP, yang seharusnya dari tanggal 10 Juli lalu, kalau dihitung terlambat tiga hari," Ketua Pansus klarifikasi Bakal Cagub dan Cawagub MRP, Yakobus Dumupa, di Kotaraja, Jumat (13/7).

Dirinya mengatakan, bahwa pihaknya akan langsung bekerja sesuai dengan tugas dan amanat yang diemban oleh lembaga kultur tersebut terkait pengklarifikasian asal-usul bakal cagub dan cawagub Papua serta sejumlah kelengkapan berkas lainya. "Kami hanya punya waktu dua pekan terhitung sejak menerima berkas tersebut. Dan setelah lakukan verifikasi asal-usul  kami akan kembalikan berkasnya ke tim Pansus Pilkada DPRP Papua," katanya.

Yakobus Dumupa memaparkan, bahwa ini pihaknya terkendala dengan persoalan dana operasional untuk melakukan klarifikasi asal-usul bakal cagub-cawagub Papua periode 2012-2017. "Kami telah mengusulkan kepada pihak eksekutif (pemerintah provinsi Papua) sebesar Rp.5 miliar untuk biaya operasional ini, tapi hingga sekarang hal itu belum dikabulkan," tandasnya. (Jubi/Eveerth Joumilena)

Sumber : Tabloid Jubi
Tanggal : 13 July 2012
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI