Berita Terbaru :
Home » » MRP Fasilitasi Orang Asli Papua Evaluasi Otsus

MRP Fasilitasi Orang Asli Papua Evaluasi Otsus

Written By Odiyai Wuu on Senin, 05 Januari 2015 | 19.26

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib, usai Evalusi Otsus Versi OAP
Jayapura, MAJALAH  SELANGKAH -- Majelis Rakyat Papua (MRP) saat ini tengah memfasilitasi orang asli Papua untuk mengevaluasi implementasi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua.

Ketua Tim Kerja Evaluasi Otonomi Khusus Papua, Yakobus Dumupa kepada majalahselangkah.com, Jumat, (05/07/13) mengatakan, proses evaluasi sudah berjalan karena dinilai selama ini banyak evaluasi Otsus. Tetapi, belum sepenuhnya melibatkan orang asli Papua.

Menanggapi desakan rakyat Papua kepada Universitas Cenderawasih dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk bertanggung jawab evaluasi Otsus, kata Dumupa, pihaknya telah memulai proses evaluasi sesuai pasal 77 dan 78 Undang-Undang Otsus yang melegitimasi MRP untuk menfasilitas rakyat Papua untuk evaluasi Otsus .

"Kami memfasilitasi rakyat asli Papua untuk melakukan evaluasi Otsus versi mereka. Mereka yang merasakan implementasi Otsus," kata dia.

"Kami komunikasi dengan tokoh-tokoh orang asli Papua untuk menyampaikan evaluasi sesuai bidangnya. Evaluasi dari tokoh yang akan disampaikan dengan hasil evaluasi dari utusan rakyat di tiap kabupaten pada dengar pendapat yang akan digelar pada tanggal 24-27 Juli di Jayapura. Lalu, akan dianalisa juga jawaban dari 100 lebih pertanyaan yang kami berikan ke berbagai pihak di tiap kabupaten," kata Dumupa menjelaskan.

Soal utusan dari kabupaten, kata Dumupa, pihaknya memperhatikan komposisi keterwakilan setiap suku dan wilayah adat yang ada di Tanah Papua, dan sejumlah tokoh orang asli Papua sebagai peserta khusus, anggota MRP di Provinsi Papua dan Provinsi Papua.

"Wakil kabupaten adalah mereka yang benar-benar mewakili masyarakat adat, bukan mereka yang tergabung dalam lembaga adat 'gadungan' yang selalu mengatasnamakan orang asli Papua selama ini," kata dia.

"Kami mau rakyat asli Papua mendukung proses  ini agar orang asli Papua dapat menilai sejauh mana implementasi Otonomi Khusus selama ini," tutur Dumupa.

Yakobus Dumupa dipilih menjadi Ketua Tim Kerja Evaluasi Otsus dengan beberapa orang anggota MRP. Dumupa dalam pelaksanaan tugasnya akan dibantu oleh sejumlah staf ahli, dan akademisi. (MS)

Sumber : Majalah Selangkah
Tanggal : Jum'at, 05 Juli 2013
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI