Berita Terbaru :
Home » , » Warga Dogiyai Jangan Salah Pilih Bupati

Warga Dogiyai Jangan Salah Pilih Bupati

Written By Odiyai Wuu on Rabu, 17 Desember 2014 | 03.04

Tampak Depan Kantor Bupati Dogiyai Sebelum Dibakar Masa Aksi yang Protes dengan Pilkada Dogiyai/Foto.Ist
JUBI --- Bupati Kabupaten Dogiyai yang akan terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini harus figur yang memiliki keprihatinan terhadap ekonomi kerakyatan di daerah itu. Kandidat harus mampu merubah situasi dengan mengutamakan kepentingan rakyat.

“Saya sendiri belum bisa menyimpulkan calon Bupati Dogiyai siapa yang akan mengusung konsep ekonomi kerakyatan. Tetapi, paling tidak, para calon pertama-tama harus punya nyali untuk menyatakan No pada sistem ekonomi Kapitalisme, dan Yes pada sistem Ekonomi Kerakyatan,” tutur Tokoh Intelektual Dogiyai, Yakobus Odiyaipai Dumupa, Rabu (7/4).

Para kandidat mesti memaparkan program-program yang populis dan merakyat. Antara lain jaminan kesetaraan akses ekonomi bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Dogiyai tanpa kecuali, pengelolaan aset ekonomi oleh rakyat sendiri, pemberantasan korupsi dan manipulasi kekuasaan, dan kebijakan lainnya yang pro-rakyat.

“Kalau para calon Bupati Dogiyai melanjutkan kebijakan-kebijakan ekonomi sebagaimana sedang dijalankan selama ini di Papua, maka itu sama saja baku tipu,” ujar Jack.

Buktinya, kata dia, selama ini hampir semua bupati/walikota di Papua jelas-jelas orang Papua, tapi sama sekali belum ada kebijakan ekonomi yang pro-rakyat. Yang nampak justru korupsi yang merajalela, pengelolaan aset perekonomian oleh beberapa orang saja, pengangguran terus meningkat, kehidupan sosial semakin memburuk, dan lainnya.

“Inilah indikasi merasuknya sistem ekonomi kapitalisme dalam urat nadi pemerintahan di semua kabupaten/kotamadya di Papua.”

Ditegaskan, para calon Bupati Dogiyai juga harus mempunyai kemampuan. Bukan tingkat pendidikan dan gelar kesarjanaan semata, namun dalam arti mempunyai hati nurani dan kepekaan terhadap kehidupan rakyat kecil dalam mengelola semua aset ekonomi yang ada di wilayah Dogiyai.

Masyarakat Dogiyai, dimata Jack Dumupa, kini sudah dewasa dalam berpolitik. Mereka telah belajar dari ‘universitas kehidupan’ (istilah Evo Morales, Presiden Bolivia) untuk menentukan pilihan politiknya.

“Masyarakat harus belajar dari pengalaman hidup dan kepemimpinan para calon Bupati Dogiyai selama ini, dan memilah-milah program ekonomi mana yang lebih pro-rakyat,” ungkap penulis sejumlah buku tentang Papua itu. (Markus You)

Sumber : Tabloid Jubi
Tanggal : 8 April 2012
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI