Berita Terbaru :
Home » » Pemerintah Indonesia Gagal Membangun Rakyat Papua

Pemerintah Indonesia Gagal Membangun Rakyat Papua

Written By Odiyai Wuu on Selasa, 09 Desember 2014 | 23.48

Mencermati banyaknya masalah yang muncul silih berganti di Tanah Papua akhir-akhir ini, yang nampaknya tak kunjung melahirkan solusi yang bijaksana, maka saya ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Secara logis dan konstitusional negara mempunyai kewajiban untuk membangun rakyatnya, yang salah satu caranya adalah harus mengatasi atau meminimalisir berbagai masalah yang muncul dalam masyarakat. Tetapi faknya kewajiban itu tidak dijalankan dengan baik oleh pemerintah di Tanah Papua. Bahkan dalam banyak hal pemerintah sendiri yang justru menjadi pencipta masalah di Tanah Papua. Ada beberapa hal yang dapat menjadi contoh pemerintah justru menciptakan dan memelihara berbagai masalah di Tanah Papua. Pertama, pemerintah gemar menciptakan berbagai kebijakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan rakyat Papua hanya untuk mengejar kepentingan ekonomi dan politiknya. Kedua, berbagai kebijakan yang pro-rakyat justru tidak dijalankan dengan baik bahkan ada kesan dihambat oleh pemerintah sendiri. Tentu hal ini menimbulkan kecurigaan bahwa pemerintah tidak mempunyai niat baik untuk membangun rakyat Papua. Ketiga, berbagai dana yang dikucurkan untuk membangun rakyat Papua justru dihabiskan oleh pemerintah sendiri. Anehnya mereka selalu lepas dari jeratan sanksi atas tindakan bejatnya itu. Keempat, penerapan dan penegakan hukum di Papua sangat unik dan lucu. Terkesan hukum hanya berlaku bagi orang kecil dan mereka yang dilabeli atau dicurigai sebagai separatis atau makar. Kelima, dalam kehidupan ekonomi pemerintah memelihara dan melindungi kapitalis dan para imigran, sementara orang asli Papua dibiarkan merana dalam ketidakberdayaan yang sengaja diciptakan oleh pemerintah sendiri.
  2. Adanya keluhan dan aspirasi masyarakat Papua bahwa pemerintah gagal membangun Papua adalah hal yang benar. Walaupun pemerintah berusaha menyangkalnya, tetapi pemerintah tidak dapat menyembunyikan kenyataan yang ada. Kegagalan pemerintah membangun rakyat Papua adalah sebuah fakta, yang terus kita saksikan dari waktu ke waktu tanpa ada solusi yang jelas dan bijaksana.
  3. Tindakan pemerintah yang apatis dan terus memproduksi berbagai masalah di Papua sama saja dengan menyebar bom waktu ke seluruh wilayah Papua. Banyak bom waktu yang telah meledak dan banyak bom waktu yang tinggal menunggu waktu untuk meledak. Bom-bom waktu yang sengaja disebar oleh pemerintah ini bukan mustahil dapat memicu lepasnya wilayah Papua dari kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal inilah yang tidak pernah disadari oleh pemerintah dalam aksinya menyebar bom waktu di seluruh Tanah Papua.
  4. Pemerintah harus bijaksana dalam mebangun rakyat Papua. Pemerintah harus peka memahami keinginan dan kebutuhan orang Papua dan jangan gegabah dalam mengahadapi berbagai masalah di Papua. Pemerintah harus membedakan apa yang menjadi kewajiban pemerintah dan apa yang menjadi hak rakyat Papua. Membangun rakyat Papua adalah kewajiban pemerintah, sedangkan menyampaikan aspirasi adalah hak rakyat Papua. Hal ini yang harus dipahami baik-baik oleh pemerintah.

Jayapura, 24 Juli 2012

Yakobus Dumupa, S.IP

(Sekretaris Pokja Adat MRP)
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI