Berita Terbaru :
Home » » Pembukaan Kantor Free West Papua di Oxford Mematahkan Klaim NKRI bahwa “Tidak Ada Masalah di Papua”

Pembukaan Kantor Free West Papua di Oxford Mematahkan Klaim NKRI bahwa “Tidak Ada Masalah di Papua”

Written By Odiyai Wuu on Selasa, 09 Desember 2014 | 23.45

Berkaitan dengan dibukanya Kantor Free West Papua di Oxford pada 26 April 2013 lalu dan berbagai reaksi yang muncul di Indonesia, maka saya ingin menyampaikan beberapa pendapat saya mengenai hal tersebut.
  1. Bahwa masalah Papua yang berkaitan dengan status wilayah Papua dalam kekuasaan NKRI belum selesai. Sampai sekarang mayoritas rakyat Papua belum menerima hasil Pepera tahun 1969, yang mereka nilai penuh rekayasa, cacat hukum dan moral yang merugikan masa depan orang Papua. Jika orang Papua menerima hasil Pepera tahun 1969, maka saya kira tidak mungkin orang Papua memperjuangkan kemerdekaannya lepas dari kekuasaan NKRI dan tidak mungkin pula adanya pembukaan kantor Free West Papua di Oxford, Inggris.
  2. Pembukaan kantor Free West Papua di Oxford, Inggris seakan-akan mematahkan klaim berbagai pihak bahwa masalah Papua telah selesai. Sejumlah pihak yang selama ini rajin mengklaim dan berkampanye bahwa sudah tidak ada lagi orang Papua yang memperjuangkan kemerdekaanya nampanya meleset, dan boleh jadi pembukaan kantor Free West Papua di Oxford, Inggris adalah puncak gunung es dari aspirasi dan perjuangan kemerdekaan orang Papua.
  3. Saya sarankan supaya pemerintah Indonesia tidak kebakaran jenggot dengan pembukaan kantor Free West Papua di Oxford, Inggris. Sebaiknya pemerintah Indonesia membuka diri untuk membicarakan akar masalah Papua dengan cara-cara yang terhormat dan bermartabat. Tidak mungkin masalah Papua selesai dengan cara kekerasan dan pemaksaan penerapan sejumlah kebijakan yang justru memperumit permasalahan di Papua.
Jayapura, 9 Mei 2013

Yakobus Dumupa, S.IP
(Sekretaris Pokja Adat MRP)


Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI