Berita Terbaru :
Home » » Orang Asli Papua Harus Menolong Dirinya Sendiri

Orang Asli Papua Harus Menolong Dirinya Sendiri

Written By Odiyai Wuu on Selasa, 09 Desember 2014 | 23.36

  1. Secara ideal negara mempunyai kewajiban untuk membangun rakyat, tetapi faktanya kehidupan orang Papua dari waktu ke waktu semakin memprihatinkan. Berbagai kebijakan yang dilahirkan dan berbagai aktivitas pembangunan di Papua selama ini cenderung tidak menolong orang Papua untuk hidup aman, damai dan sejahtera. Niat baik pemerintah hanya ada di tataran konseptual, karena secara praktis niat baik itu berubah menjadi niat buruk dan busuk. Konsep dan kebijakan pembangunan di Papua dalam prakteknya diterjemahkan menjadi penipuan, pembodohan dan penindasan.
  2. Dalam kondisi pemerintahan dan praktek pembanguan seperti itu, orang Papua jangan terlalu beharap banyak kepada pemerintah. Jangan menilai pemerintah sebagai satu-satunya pihak yang dapat menolong orang Papua untuk hidup aman, damai dan sejahtera. Karena sesungguhnya sistem pemerintahan di Indonesia dan praktek pembangunannya penuh dengan masalah. Orang Papua harus melepaskan dirinya dari ketergantungan kepada pemerintah.
  3. Orang Papua juga jangan menjadi manusia yang menggantungkan seluruh masa depannya hanya kepada Tuhan semata. Tuhan tidak akan pernah memberikan masa depan yang baik kepada orang yang malas dan manja. Tuhan hanya akan memberkati dan menolong orang Papua yang mau bekerja keras dan berdoa meminta pertolongan atas kerja keras yang dilakukannya. Harus ada keseimbangan yang harmonis antara harapan kepada Tuhan dan kerja keras.
  4. Orang Papua harus menolong dirinya sendiri. Orang Papua harus percaya bahwa dengan pertolongan Tuhan dirinya mampu membangun kehidupan yang aman, damai, dan sejahtera dengan segala potensi yang dimilikinya. Untuk mencapai itu orang Papua harus bersatu padu, menyatukan cita-cita, tekad, gagasan, dan tindakan. Dengan begitu, apapun cita-citanya dapat dicapai tanpa bergantung mutlak kepada pemerintah. Orang Papua sendiri harus menciptakan kehidupannya yang aman, damai dan sejahtera.

Jayapura, 29 Mei 2013


Yakobus Dumupa, S.IP
(Sekretaris Pokja Adat MRP)
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI