Berita Terbaru :
Home » » Orang Asli Papua Harus Keluar Dari Budaya Komsumerisme

Orang Asli Papua Harus Keluar Dari Budaya Komsumerisme

Written By Odiyai Wuu on Selasa, 09 Desember 2014 | 23.33

Salah satu hambatan keterbelakang dan keterjajahan orang asli Papua adalah adanya budaya komsumerisme, yaitu budaya yang menjadikan orang asli Papua melakukan atau menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar dan berkelanjutan. Hal tersebut menjadikan orang asli Papua menjadi pecandu dari suatu produk, sehingga ketergantungan tersebut tidak dapat atau susah untuk dihilangkan. Sifat konsumtif yang ditimbulkan akan menjadikan penyakit jiwa yang tanpa sadar menjangkit orang asli Papua dalam kehidupannya.

Lihat saja banyak contohnya. Orang asli Papua sudah tergantung pada barang-barang produk asing, baik berupa makanan maupun benda lainnya. Orang asli Papua juga tergantung kepada program-program pemerintah yang memanjakan seperti beras miskin (Raskin) dan dana Respek. Dan akhirnya orang asli Papua juga tergantung kepada pola pikir asing. Akumulasi dari semua ketergantungan ini menyebabkan orang asli Papua menjadi malas berpikir kreatif dan malas bekerja.

Sadar atau tidak, budaya ini sesungguhnya sedang mengancam eksistensi orang asli Papua. Orang asli Papua sedang termarginal di negerinya sendiri. Orang asli Papua sedang mengkhianati harga dirinya sendiri.

Oleh karena itu, orang asli Papua harus mulai menyadari penyakit konsumerisme dan ketergantungan ini. Setelah itu harus berani untuk bangkit menjadi orang-orang yang mampu bekerja keras dan produktif, menjadi orang-orang yang mampu menciptakan ide-ide pembangunan dirinya yang dapat memihak dan menguntungkan mereka sendiri.

Kepada pemerintah diharapkan supaya tidak menciptakan dan menerapkan kebijakan-kebijakan pembangunan yang memanjakan dam membodohkan orang asli Papua. Pemerintah jangan menjadi pihak yang menjajah dan menindas orang asli Papua.
 
Jayapura, 19 Oktober 2013


Yakobus Dumupa, S.IP
(Sekretaris Pokja Adat MRP)
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI