Berita Terbaru :
Home » » Jangan Menjual Tanah Adat

Jangan Menjual Tanah Adat

Written By Odiyai Wuu on Selasa, 09 Desember 2014 | 23.08

SEJAK Papua berintegrasi ke Indonesia, banyak tanah adat yang dijual seenaknya oleh para pemiliknya. Bahkan aksi penjualan tanah adat itu makin marak terjadi ketika kebijakan Otonomi Khusus diberlakukan di Papua. Mencermati aksi penjulan tanah tersebut, saya hendak menyampaikan tiga pesan kepada seluruh orang asli Papua yang masih memiliki tanah adat sebagai warisan leluhurnya.
  1. Tanah adalah anugerah Tuhan dan bagi orang asli Papua tanah adalah mama yang memberi kehidupan. Tanah mempunyai nilai yang sakral, yang harus dijaga dan dilindungi. Hormatilah tanah seperti kita menghormati diri kita sendiri sebagai anugerah Tuhan dan mama yang memberi kehidupan kepada kita.
  2. Tanah adat tidak boleh dijual apapun alasannya. Nenek moyang kita mewariskan tanah kepada kita bukan untuk dijual, tetapi hanya dititipkan kepada kita untuk diwariskan kepada generasi berikutnya. Oleh karena itu, orang yang menjual tanah sesungguhnya dia menjual diri dan kehormatannya sendiri, serta mengkhianati nenek moyangnya dan Tuhan yang memberikan tanah ini.
  3. Perlu diakui bahwa kegiatan pembangunan yang sedang dilakukan sekarang membutuhkan tanah, tetapi bukan berarti tanah adat diperjualbelikan begitu saja. Alangkah baiknya tanah adat di Papua disewakan kepada setiap pemakai dalam kurun waktu tertentu saja dan kemudian dapat diperpanjang kembali sesuai kesepakatan antara pemilik dan pemakai. Tentu hal ini akan menimbulkan polemik, karena pihak pemakai akan keberatan. Tetapi kita harus bersama-sama memperjuangkannya, karena ini tanah pusaka kita. Bagaimana pola sewa-menyewa tanah adat harus kita diskusikan dan rumuskan bersama-sama, agar dengan begitu walaupun tanah adat dipakai oleh pihak lain tetapi tetap milik kita selamanya.
Jayapura, 25 Februari 2012


Yakobus Dumupa, S.IP
(Sekretaris Pokja Adat MRP)
Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI