Berita Terbaru :
Home » » Goodide Awe Pito: Mengenang Lima Puluh Tahun Gereja Katolik Dan Pendidikan Di Goodide

Goodide Awe Pito: Mengenang Lima Puluh Tahun Gereja Katolik Dan Pendidikan Di Goodide

Written By Odiyai Wuu on Kamis, 04 Desember 2014 | 07.21

Goodide Awe Pito: 
Mengenang Lima Puluh Tahun Gereja Katolik Dan Pendidikan Di Goodide

Judul :
Goodide Awe Pito: Mengenang Lima Puluh Tahun Gereja Katolik dan Pendidikan di Goodide

Penulis :
Yakobus Odiyaipai Dumupa (bersama David Goo)

Penerbit :
Paradise Press

Tahun terbit :
2008

Sekilas Isi Buku :
Ide awal tentang penulisan buku ini tidak muncul dari Panitia hari ulang tahun gereja Katolik St. Yohanes Pemandi Goodide yang ke-50 (Pesta Emas). Artinya, panitia tidak pernah membahas tentang ide penulisan buku yang dapat mempublikasikan sejarah masuk dan berkembangnya gereja Katolik dan pendidikan (sekolah) di Goodide, serta harapan kehidupannya di masa depan. Dan yang luput dari pemikiran panitia adalah soal pendidikan (sekolah), padahal pendidikan juga masuk bersamaan dengan gereja Katolik. Sehingga yang dirayakan hanya ulang tahun gereja Katolik, tidak termasuk pendidikan (sekolah).

Ide menulis buku ini pertama-tama muncul dari saya dan David Goo. Sementara yang perlu diulas dalam buku ini tidak hanya perkembangan gereja Katolik, tetapi juga pendidikan (sekolah), sebab keduanya adalah “satu paket” yang dibawa masuk ke dalam kehidupan orang Goodide lima puluh tahun lalu. Ide ini semakin nyata pada saat pelaksanaan acara hari ulang tahun Gereja Katolik St. Yohanes Pemandi Goodide yang ke-50 (Pesta Emas). Akhirnya, atas desakan kami dan atas keputusan dari panitia, maka masyarakat (umat) Goodide bersepakat untuk menulis buku ini dan membiayai proses penerbitannya.

Proses penulisan buku ini memakan waktu lima hari (8-12 Juli 2008) di ruang gereja Katolik St. Yohanes Pemandi Goodide. Karena sebelumnya kami telah mengumpulkan data sedikit demi sedikit, maka tidak begitu banyak kendala yang kami hadapi dalam penulisan tersebut. Isi buku ini dikembangkan berdasarkan hasil wawancara dengan bebarapa pihak, yaitu para katekis yang pernah bertugas di Goodide dan masyarakat (umat) Goodide sendiri. Baik pengalaman masa lalu, maupun harapan masa depan kami kembangkan berdasarkan hasil wawancara dengan mereka.

Banyak kesan dan pesan yang sempat kami – sebagai penulis maupun kawan-kawan kaum muda yang lainnya – terima dari orang tua menulis buku ini. Paulinus Goo (B) (mantan katekis), Yeron Goo (kepala kampung), Yosep Goo, dan Paulus Goo mewakili orang tua (generasi tua) menyampaikan beberapa hal ketika itu. Sebagai kesan mereka mengatakan bahwa; mereka telah sukses menjalani hidupnya selama lima puluh tahun (terhitung sejak masuknya gereja dan pendidikan di Goodide), mereka telah sukses memperingati hari ulang tahun gereja Katolik St. Yohanes Pemandi Goodide ke-50, dan telah berhasil mendidik dan menyekolahkan anak-anaknya. Karena itu, mereka kemudian berpesan bahwa kehidupan selanjutnya ada di tangan anak muda. Makanya, menurut mereka, penulisan buku ini sebagai upaya untuk mengenang masa lalu dan menata hidup di masa depan bagi orang Goodide.

Dilihat dari awal munculnya ide penulisan buku, tanggapan masyarakat Goodide, dan pembiayaannya, dapat tergambar dengan jelas bahwa orang Goodide benar-benar membutuhkan hadirnya buku ini. Mereka memandang buku ini sebagai sebuah warisan yang sangat berharga untuk diri mereka, dan terutama untuk anak-cucunya di kemudian hari.

Yakobus Odiyaipai Dumupa


Cover Buku (Gambar Ilustrasi)

Share this post :

Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2016 ODIYAI WUU.COM | Website Pribadi DUMUPA ODIYAIPAI